Sukses

PSBB Akan Berakhir, Jalan Protokol di Tangerang Disemprot Disinfektan

Mobil gunner yang memiliki corong untuk menembakan cairan disinfektan ini, diklaim dapat memberantas Covid-19, seperti yang dilakukan di Kota Wuhan, Cina.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke empat kalinya, jalan-jalan protokoler di Tangerang, disemprot cairan disinfektan dengan mobil gunner, yang dibantu Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jumat (26/6/2020).

Mobil gunner yang memiliki corong untuk menembakan cairan disinfektan ini, diklaim dapat memberantas Covid-19, seperti yang dilakukan di Kota Wuhan, Cina. PMI Kota Tangerang pun menggunakan mobil gunner melakukan penyemprotan di jalan-jalan protokol di 13 kecamatan yang ada di wilayah kota Tangerang.

"PMI akan terus melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Tangerang guna memutus mata raintai penyebaran COVID-19 ini," ujar Kuswara, Ketua PMI Kota Tangerang.

Mobil gunner atau penyemprot yang merupakan mobil tangki berkapasitas 5.000 liter tersebut, didesain khusus dan dapat menyemprotkan cairan disinfektan secara masif dikerahkan para relawan PMI, dibantu TNI/Polri dan Pemkot setempat.

"Kami juga mengerahkan armada lain berupa bentor, max (mobil) dan hand spray," ujar Kuswara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disemprotkan ke Objek yang Disentuh Manusia

Operasi penyemprotan disinfektan ini, merupakan misi kemanusiaan PMI untuk membantu pemerintah dalam melakukan mitigasi Covid-19. Penyemprotan diarahkan langsung ke objek yang sering bersentuhan langsung dengan manusia, bukan jalanannya.

"Operasi ini mirip di Kota Wuhan yang sudah sukses dengan berbagai upaya pencegahan dan mitigasinya,” kata Koswara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.