Sukses

KSAD Andika Perintahkan Pangdam Kawal Mapala UI Jelajah Pegunungan Arfak Papua

Kolonel Czi (Purn) Hari Goeritno menjelaskan kegiatan ekspedisi tersebut untuk membuka jalur komunikasi untuk sektor ekonomi Pemerintah daerah setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) guna meminta dukungan terkait kegiatan ekspedisi Pesona Timur Nusantara.

“Kami mohon izin bekerja sama dengan Dinas Jasmani Angkatan Darat untuk melakukan latihan bersama, seperti panjat tebing,” ujar Pembina Mapala UI, Kolonel Czi (Purn) Hari Goeritno dalam keterangannya, Rabu (24/6/2020).

Kolonel Czi (Purn) Hari Goeritno menjelaskan kegiatan ekspedisi tersebut untuk membuka jalur komunikasi untuk sektor ekonomi Pemerintah daerah setempat.

“Kalau belum ada jalan, kita yang membuka jalan menuju destinasi wisata. Jalur pendakian baru diharapkan tujuan ekspedisi ini menjadi pusat wisata,” ujar Kolonel Czi (Purn) Hari Goeritno.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ekspedisi Mapala UI, Pujas Rani Ratu Haj menjelaskan ekspedisi yang akan dilakukan sebagai upaya promosi keindahan alam dan kelestarian budaya Papua dengan menjelajah Pegunungan Arfak.

“Jelajah pegunungan Arfak bertujuan untuk menginventarisasi jalur pendakian baru di pegunungan Arfak dengan jalur yang ramah bagi wisatawan,” jelas Pujas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instruksikan Pangdam

Pujas menambahkan ekspedisi tersebut dapat menjadi sumbangan bagi ilmu pengetahuan dan sumber pendapatan bagi warga setempat.

Menaggapi hal tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa mengizinkan untuk melakukan latihan bersama Dinas Jasmani AD selama dua hari. Selain itu, Kasad akan menginstruksikan Pangdam untuk membantu pengamanan.

“Tetapi tim Mapala UI juga harus bertanggung jawab penuh atas ekspedisi ini,” tegas KSAD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.