Sukses

Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Kota Bogor

Belum bisa memastikan berapa jumlah bangunan yang mengalami kerusakan karena masih dilakukan pendataan petugas di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Hujan es disertai angin kencang menerjang sebagian wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Dampak yang ditimbulkan dari fenomena alam ini, sejumlah atap rumah warga rusak.

Tak hanya itu, dinding sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ambruk dan sedikitnya lima pohon tumbang, tiga unit kendaraan roda dua tertimpa pohon.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Priyatna Syamsyah mengatakan, kejadian alam tersebut berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB, melanda dua kecamatan yakni Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Timur.

"5 kejadian pohon tumbang, angin kencang 5 kejadian, dan bangunan ambruk 2 kejadian," terangnya.

Namun pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah bangunan yang rusak karena masih pendataan petugas di lapangan.

"Dampak yang cukup parah dilaporkan terjadi di Kelurahan Ranggamekar dan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan," kata dia.

Menurutnya, beberapa pohon tumbang sempat menutup sebagian badan jalan. Selain itu, sejumlah tiang listrik milik PLN juga ada yang nyaris roboh tertarik oleh bentangan kabel yang tertimpa pohon tumbang.

"Menjelang magrib, pohon yang tumbang menghalangi jalan sudah dibersihkan, sehingga kondisi lalu lintas kembali normal," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Heboh

Sementara itu, butiran es batu hingga sebesar biji jagung turun dari langit di beberapa wilayah di Kota Bogor. Meski tak berlangsung lama, fenomena alam ini membuat warga heboh.

Warga memunguti butiran es bertebaran di jalan kendati angin bertiup kencang bercampur hentakan butiran mengenai atap bangunan

"Ya ampun hujan es. Tuh lihat tuh, es batunya jatuhan," ujar tayangan video yang direkam seorang pengendara motor yang sedang berteduh di Jalan Raya Tajur, Kota Bogor. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.