Sukses

PMI Kerahkan Relawan Kendalikan Penyebaran Corona di Jawa Timur

PMI memperkuat operasi di Jawa Timur karena ada gejala, terutama Kota Surabaya dan sekitarnya menjadi episentrum baru.

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya angka kasus corona virus disease (Covid-19) di wilayah Jawa Timur tengah menjadi sorotan beberapa waktu belakangan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun serius menangani pandemi virus ini yang harus dibantu oleh dukungan banyak relawan.

Termasuk dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat akan mengerahkan sebagian relawan dan armadanya ke Jawa Timur guna mengantisipasi dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jawa Timur. Langkah ini pun disambut baik oleh pemerintah provinsi, langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said menjelaskan, keterlibatan relawan PMI dalam membantu mengendalikan kasus terjangkitnya Covid-19 di Jawa Timur, tentu sudah menjadi kesepakatan antara Ketua Gugus Tugas Nasional Covid-19 Letjend Doni Monardo dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. Langkah ini pun sudah menjadi tugas PMI untuk ikut menurunkan kasus Covid-19 yang kian mengkhawatirkan.

"PMI memperkuat operasi di Jawa Timur karena ada gejala, terutama Kota Surabaya dan sekitarnya menjadi episentrum baru. Ditambah sebagai organisasi kuasi pemerintah, tugas PMI adalah mendukung masyarakat dan membantu upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini," ucap Sudirman.

Koordinasi dengan stakeholders lainnya juga menjadi hal utama dalam persiapan mengerahkan relawan. Persiapan bahkan sudah difokuskan sejak Ramadhan lalu. "Kami persiapkan sejak sebelum libur Lebaran, seperti halnya berkoordinasi dengan PMI Jawa Timur, Pemerintah daerah Jawa Timur, Kodam Brawijaya, Polda Jatim, serta para relawan sedang terus dilakukan," terangnya.

Sudirman menjelaskan, koordinasi tersebut sangatlah penting dilakukan dan berharap berharap semua pihak mengambil kebijakan dan melakukan tindakan berbasis bukti dan sains. Selain itu, menyusul kebutuhan logistik dan kendaraan yang mendukung relawan dalam menghadapi Covid-19 juga tengah dipersiapkan. Bahkan, kendaraan operasional sebagian sudah bergerak ke Jawa Timur untuk persiapan melakukan lahkah-langkah tindakan.

"Gudang logistik dan posko operasi sedang kami persiapkan," tambahnya.

PMI saat ini memiliki 1,5 juta relawan, 2.000  di antaranya sudah terlatih. Sedangkan untuk jumlah relawan yang diturunkan untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Jawa Timur sedang dikoordinasikan lebih lanjut.

Para relawan nantinya bekerja sesuai target-target tertentu untuk melawan Covid-19. Mengingat tujuannya adalah mendukung pemerintah, sehingga salah satunya adalah melakukan sterilisasi kota-kota berisiko tinggi, seperti di Jawa Timur. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suarakan di Media Sosial

Ia mencontohkan tugas kecilnya relawan tersebut melakukan penyemprotan disinfektasi secara besar-besaran, sosialisasi physical distancing, serta sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Mereka akan melakukan pembagian kit kesehatan seperti masker dan sabun antiseptik, melakukan penyemprotan, dan pelayanan ambulans untuk pasien, hingga pengurusan jenazah Covid-19," tuturnya.

Sementara itu, Pakar Epidemiologi dr L Aswin Pramono menjelaskan peranan relawan dalam membantu melawan pendemi ini sangat dibutuhkan seperti halnya yang dilakukan PMI. Namun, dengan beberapa cara misalnya, relawan ikut mensosialisasikan pentingnya physical distancing, pola hidup bersih dan sehat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini berlaku di semua daerah, termasuk Jawa Timur, dengan angka kasus Covid-19 yang kian bertambah.

"Sosialisasi physical distancing dalam situasi PSBB ini di semua sektor; pendidikan, perdagangan/industri, kendaraan umum, tempat umum, mall, restoran, mesti dilakukan" terang dr Aswin.

Tak cukup itu, para relawan juga harus aktif di media sosial dalam melawan corona. Langkah ini juga perlu dilakukan untuk selalu menyuarakan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.