Sukses

Panglima TNI Pimpin Sertijab Kepala Staf Angkatan Udara

Pengangkatan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai KSAU berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33/TNI/Tahun 2020 tertanggal 18 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dari Marsekal Yuyu Sutisna kepada Marsekal Fadjar Prasetyo.

Sertijab itu bertempat di lobi Gedung RDS Surya Darma, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (20/5/2020), seperti dalam siaran pers TNI.

Pengangkatan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai KSAU berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33/TNI/Tahun 2020 tertanggal 18 Mei 2020, tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

Sebelum diangkat menjadi KSAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II).

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan KSAU yang baru. Dua pucuk pimpinan TNI itu yakni, Laksamana Madya Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai KSAU.

Pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/5/2020), pukul 09.30 WIB. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 dan 33 TNI tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL dan KSAU.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disumpah

Jokowi kemudian memimpin prosesi sumpah jabatan yang diikuti Yudo dan Fadjar. Acara pelantikan menerapkan protokol kesehatan virus corona (Covid-19), dimana Jokowi, Yudo Margono, Fadjar Prasetyo, serta sejumlah pejabat negara yang hadir menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Yudo dan Fadjar bersamaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.