Sukses

Menko Polhukam Lantik Komjen Agung Budi Maryoto Jadi Kasatgas Saber Pungli

Dia berharap, dengan dilantiknya Komjen Pol Agung bisa membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dari pungli.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Politik Hukum dan HAM menggelar serah terima jabatan Kasatgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dari Komjen Pol Moechgiyarto yang akan memasuki penugasan baru sebagai Irwasum Polri ke Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

Adapun upacara sertijab itu langsung dipimpin Menko Polhukam Mahfud Md, Senin 11 Mei 2020 kemarin.

"Pak Moechgiyarto telah mengakhiri tugas, sudah purna tugas dan kami merasa terharu karena bisa kerja sama dalam waktu yang tidak terlalu lama, tapi sudah memberikan, menyumbangkan prestasi yang bagus," kata Mahfud.

Dia berharap, dengan dilantiknya Komjen Pol Agung bisa membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dari pungli.

"Kita akan tetap bekerja, terutama membangun pemerintahan yang bersih dan berwibawa, memberantas pungli yang juga merupakan korupsi di pemerintahan," ungkap Mahfud.

Mahfud menuturkan, Menko Polhukam diberi mandat oleh Presiden RI melalui Perpres Nomor 87 Tahun 2016 membentuk dan mengoordinasikan tugas Saber Pungli. Satgas ini antara lain menangani, menindak dan mengawasi perencanaan birokrasi agar bersih dari pungli.

"Jadi ada sebuah jenis korupsi yang tidak merugikan keuangan negara, tapi merugikan masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan tugasnya, itu suap dan pungutan liar," kata Mahfud.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memastikan Tak Terjadi

Karena itu, masih kata dia, fungsi Saber Pungli adalah memastikan hal tersebut tidak terjadi.

"Saber Pungli tugasnya menangani, menindak, dan mengawasi pelaksanaan tugas-tugas di birokrasi agar bersih dari pungutan liar," pungkas Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.