Sukses

Cerita Pelarian Youtuber Ferdian Paleka dari Bandung ke Palembang hingga Ditangkap

Liputan6.com, Jakarta - Youtuber Ferdian Paleka ditangkap polisi di Tol Tangerang-Merak saat sedang menuju Jakarta, pukul 00.30 WIB, Jumat (8/5/2020). Dia ditangkap bersama dua orang lainnya.

Sebelum ditangkap, Ferdian sempat bikin geger media sosial lantaran membuat video prank bingkisan yang berisi sampah.

Pada video yang berjudul PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL, Ferdian Paleka bersama kedua rekannnya membawa kardus mi instan yang diberikannya kepada sejumlah transgender yang ada di jalanan Kota Bandung.

Tak terima karena merasa dilecehkan, salah satu korbannya langsung melaporkan ke Kepolisian Kota Bandung.

"Pas terima dibawa dulu kan. Nah pas dibuka isinya toge busuk," kata Sani (36) saat melaporkannya di Mapolrestabes Bandung, Senin, 4 Mei 2020 dini hari.

Sebelum ditangkap di Tol Tangerang-Merak, Ferdian Paleka sempat bersembunyi di sejumlah lokasi. Berikut sejumlah fakta yang diungkap polisi selama Youtuber prank sampah ini dalam pelarian hingga akhirnya diciduk:

2 dari 6 halaman

Kabur ke Palembang

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Komisaris Besar Hendra Suhartiono menuturkan, saat di Palembang, Ferdian Paleka bersembunyi di rumah rekannya di Ogan Ilir.

"Jadi, dalam pelariannya yang bersangkutan bersembunyi di salah satu rumah rekannya di Ogan Ilir," kata Hendra, Bandung, Jumat (8/5/2020).

 

3 dari 6 halaman

Sempat Dikejar Polisi ke Palembang

Mengetahui jejaknya di Palembang diketahui polisi, Ferdian kembali melarikan diri dengan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni-Merak.

"Sudah ketangkap di jalur tol Merak-Jakarta, tepatnya di daerah Balaraja. Dikejar ke Palembang, melarikan diri nyebrang lagi ke Pelabuhan Bakauheni-Merak," kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung Galih Indragiri.

 

4 dari 6 halaman

Gonta-ganti Nomor Ponsel

Tak lama di Ogan Ilir, Ferdian memutuskan kembali ke Bandung. Mencoba menghilangkan jejak, pemuda tersebut kerap mengganti nomor ponselnya agar sulit dilacak.

"Selama pelarian dia juga gonta-ganti nomor ponsel," kata Hendra.

5 dari 6 halaman

Dibantu Keluarga

Saat dalam perjalanan ke Bandung, tim gabungan Satreskrim Polrestabes Bandung dan Jatrantas Polda Jabar berhasil menangkapnya di Tol Jakarta-Merak, Tangerang, Jumat (8/5/2020) dini hari tadi.

Pada penangkapan tersebut, polisi juga mengamankan M Adil, satu dari tiga orang yang terlibat dalam video prank ke transpuan. Selain itu, dalam mobil tersebut, ada paman Ferdian bernama Jamaludin.

"Untuk info awal bahwa para tersangka kasus prank sudah diamankan semua. Selain Tubagus Fahddinar yang sudah dulu diamankan tim Satreskrim Polrestabes Bandung," kata Galih.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: