Sukses

Tonton Live Streaming Upacara Bendera Perayaan Hardiknas di Youtube Kemendikbud RI

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), untuk memperingati tokoh pelopor pendidikan yaitu Ki Hadjar Dewantara. Sayangnya, tahun ini Hardiknas tak bisa dirayakan bersama-sama oleh para siswa dan satuan pendidikan di Tanah Air karena pandemi Covid-19. 

Terkait perayaan Hardiknas 2020, Menteri Pendidikan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menandatangani Surat Edaran Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020.

Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 disusun dengan memperhatikan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 sebagai Bencana Nasional.

Dalam Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, Mendikbud juga mengimbau pada setiap satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan RI di luar negeri, untuk mengikuti jalannya upacara bendera. 

Ya, upacara bendera Hardiknas 2020 bisa diikuti melalui siaran langsung atau live streaming di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV edukasi dari rumah atau tempat tinggal masing-masing. 

Adapun penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hardiknas yang digelar Kemendikbud, dilakukan secara terpusat dan terbatas pada 2 Mei 2020 pukul 07.30 WIB. 

Penyelenggaraan upacara bendera pun dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah, tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara. 

Untuk diketahui, tahun ini peringatan Hardiknas mengangkat tema Belajar dari Covid-19. Tema yang sama dengan acara yang akan digelar Kemendikbud di TVRI, untuk insan pendidikan di Tanah Air pada Sabtu 2 Mei 2020 pukul 19.00-20.30 WIB. 

Yuk, sama-sama kenang para pahlawan yang berjuang demi kemajuan pendidikan Indonesia. Dengan mengikuti upacara bendera live streaming dan menonton acara edukasi di TVRI, kita bisa lebih menghargai dan memanfaatkan fasilitas pendidikan yang ada saat ini, untuk mencari ilmu setinggi-tingginya.

 

(*)