Sukses

Tahun Ini Kemendikbud Peringati Hardiknas dengan Cara Berbeda

Kemendikbud selaku panitia penyelenggara Hardiknas tetap menyelenggarakan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar Kementerian Kebudayaan (Kemendikbud) selalu digelar dengan penuh semarak. Tak hanya di Jakarta saja, Hardiknas berlangsung meriah, dengan sejumlah kegiatan di seluruh Tanah Air. 

Namun tahun ini, para satuan pendidikan mulai tak lagi berada dalam satu area untuk merayakan Hardiknas karena pandemi Covid-19. Meski demikian, Kemendikbud selaku panitia penyelenggara Hardiknas tetap menyelenggarakan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB.   

Hal itu tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020.

"Kemendikbud menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Tahun 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. Hal ini kami lakukan tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara," disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im di Jakarta, Rabu (29/4).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikut Upacara Virtual

Meski upacara bendera digelar terpusat, terbatas, dan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19, namun Ainun Na'im tetap memberi imbauan, untuk setiap satuan pendidikan. 

Ya, instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, diharapkan dapat mengikuti jalannya upacara bendera secara virtual melalui siaran langsung dari rumah. Baik lewat kanal Youtube Kemendikbud RI ataupun tempat tinggal masing-masing.

Walau peringatan Hardiknas di rumah, dengan tegas Kemendikbud melarang adanya kegiatan atau aktivitas peringatan yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak di suatu lokasi. 

 

3 dari 3 halaman

Belajar dari Covid-19

Tak hanya upacara virtual, Kemendikbud juga siap menghadirkan tayangan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Pada 2 Mei pukul 19.00-20.30 WIB, akan disiarkan langsung di TVRI dan channel Youtube Kemdikbud RI acara bertajuk Belajar dari Covid-19. 

Dalam acara tersebut, Mendikbud Nadiem Makarim akan hadir memberikan sambutan. Acara tersebut juga menghadirkan Indonesian educator, Najwa Shihab dan sembilan musisi kenamaan Tanah Air. 

Mulai dari Tulus, Sabyan, Rizky Febian, Vidi Aldiano, Rinni Wulandari, hingga Gita Bumi Voices. Acara tersebut nantinya juga akan dipandu oleh Temmy Rahadi dan Aubry Beer. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.