Sukses

Menhan Prabowo Bantu 5.000 Alat Rapid Test ke Pemkot Bekasi

Kota tersebut berbatasan langsung dengan Ibu Kota, yang kini menjadi sumber pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Wakil Menhan Sakti Wahyu Trenggono, membantu upaya pencegahan dan menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan memberikan bantuan alat test cepat atau Rapid Test Kit untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Total ada 5.000 alat yang diserahkan secara simbolis di kantor Kemhan, hari ini, Selasa (28/4/2020).

"Bantuan Rapid Test Kit ini adalah bagian dari upaya Kemhan untuk ikut serta secara aktif dalam kampanye melawan Covid-19. Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia, upaya Kemhan ini dilakukan dengan mengalihkan atau merelokasi anggaran untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19," kata Prabowo dalam keterangannya.

Dia menjelaskan alasan memilih Kota Bekasi. Kota tersebut berbatasan langsung dengan Ibu Kota, yang kini menjadi sumber pandemi. Pihaknya, juga berencana akan membantu daerah-daerah lainnya.

"Dengan bersama-sama kita juga ingin terjun di daerah-daerah yang penting, untuk ikut serta bersama lembaga-lembaga lainnya," ungkap Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deteksi lebih awal

Sementara itu, Wamenhan Sakti menuturkan, rapid test merupakan salah satu cara untuk bisa mendeteksi lebih awal penyebaran Covid-19," jelas Sakti.

Dia pun menghargai Wali Kota Bekasi yang menyempatkan mampir ke Kemhan untuk menerima bantuan ini.

"Dan percayalah, Kementerian Pertahanan akan selalu berusaha berjuang untuk kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia,"  kata Sakti.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan terima kasihnya. Dengan adanya bantuan tersebut, akan sangat membantu Pemkot Bekasi dalam memetakan dan mengidentifikasi 56 Kelurahan di wilayahnya yang full sudah zona merah.

"5.000 review tes yang diberikan oleh Kemhan ini menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang di garis depan yang seperti Menhan sampaikan berjuang dalam menghadapi musuh yang tidak kelihatan bentuknya," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.