Sukses

Beraksi Saat PSBB, Spesialis Pembobol Minimarket di Bekasi Ditangkap

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku selalu menggunakan mobil sewaan (rental).

Liputan6.com, Bekasi - Pandemi Covid-19 nampaknya tak menjadi halangan bagi pelaku kejahatan beraksi. Seperti aksi kawanan penjahat yang memanfaafkan situasi PSBB untuk membobol minimarket di Harapan Mulya, Medansatria, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dua dari empat pelaku berhasil ditangkap, sementara dua lainnya masih dalam pengejaran polisi. Para pelaku diketahui merupakan spesialis pembobol minimarket, yang sudah beraksi sebanyak 8 kali di wilayah Jawa Barat, seperti di Sukabumi dan Purwakarta.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku selalu menggunakan mobil sewaan (rental). Pada aksinya yang terakhir, setelah berhasil membobol minimarket, pelaku menuju pintu Tol Bekasi Barat menuju Cakung, Jakarta Timur, untuk menemui penadah.

"Pelaku lalu menyerahkan mobil beserta barang-barang hasil curian kepada si penadah yang sudah menunggu," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Wijonarko di Bekasi, Senin (27/4/2020).

Uang hasil kejahatan kemudian dibagi rata oleh keempat pelaku. Uang tersebut ada yang digunakan untuk kebutuhan hidup, ada pula yang dihabiskan untuk bersenang-senang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beraksi di 8 Lokasi

"Para pelaku sudah sering melakukan kejahatan serupa di beberapa lokasi. Data sementara kita ada 8 lokasi," ujar Wijonarko.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.