Sukses

Gempa Magnitudo 4,9 di Sumbawa Terasa hingga Lombok

Gempa magnitudo 4,9 menggoyang Sumbawa, Kamis, (16/4/2020) pukul 07.37 WITA.

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 4,9 menggoyang Sumbawa, Kamis, (16/4/2020) pukul 07.37 WITA. Gempa berpusat pada koordinat 8,32 Lintang Selatan  dan 116,88 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km Barat Laut Pulau Panjang, NTB pada kedalaman 10 km. 

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan menyatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

"Berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa dan Lombok Timur II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ujarnya, Kamis.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa susulan hingga pukul 08.25 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan 4 aktivitas gempa susulan.

Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Sumbawa