Sukses

Pesan Paskah: Berdiam Diri di Rumah Saat Corona Wujud Cinta Kasih

Sekretaris Umum PGI Jacky Manuputty menyampaikan, merayakan Paskah di rumah bersama keluarga si tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 merupakan sikap pusat iman.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jacky Manuputty menyampaikan, merayakan Paskah di rumah bersama keluarga di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 merupakan sikap pusat iman.

"Kita menjadi umat kebangkitan. Kita diutus untuk terus mempersaksikan kehidupan yang kita temukan di dalam Kristus yang telah bangkit melalui kehidupan kita secara pribadi maupun bersama-sama," tutur Jacky di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (12/4/2020).

Menurut Jacky, kebangkitan Kristus dari kematian menjadi perwujudan Tuhan yang membela kehidupan. Salah satu sikap mengimani hal tersebut dalam kondisi saat ini adalah dengan mengikuti anjuran pemerintah berdiam diri di rumah demi memutus penyebaran Covid-19.

"Sikap abai pada usaha itu justru menjadikan kekristenan dan gereja ancaman atas kehidupan. Dengan begitu berlawanan dengan pesan Paskah," jelas dia.

Saat bersama keluarga di rumah, empati terhadap mereka yang terpapar Covid-19 menjadi kunci memaknai Paskah. Stigmatisasi harus dilawan bersama.

"Kalau mereka hidup di sekitar kita dan karantina di rumah, kita perlu menciptakan suasana yang tidak diskriminatif. Tentu saja tetap menjaga jarak. Terpapar virus Corona bukanlah aib atau pun kutukan Tuhan," kata Jacky.

Lebih lanjut, dia juga mengajak seluruh gereja untuk bersiap menjadi tempat karantina darurat pasien Covid-19 jika memang dibutuhkan dan layak.

"Yang kuat membantu yang lemah. Walau pun gereja-gereja harus menderita karena membela kehidupan. Sejarah gereja menghadapi wabah kental ditandai kesediaan memberi diri untuk penuh dalam pelayanan kasih," Jacky menandaskan.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menag Apresiasi Gereja dan Umat Kristiani Gelar Paskah 2020 dengan Sederhana

Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi imbauan gereja dan komitmen umat Kristiani menggelar Paskah 2020 secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun hari kebangkitan Yesus Kristus akan dirayakan Minggu 12 April 2020 besok. Menteri pun mengucapkan selamat Paskah.

"Saya juga mengapresiasi Gereja dan umat Kristiani atas perayaan Paskah 2020 yang digelar secara sederhana, sesuai anjuran Pemerintah dan protokol kesehatan, di tengah pandemi Covid-19," kata Fachrul dalam keterangannya, Sabtu (11/4/2020).

Dia pun mengajak seluruh umat Kristiani untuk melawan wabah tersebut.

"Saya mengajak Umat Kristiani untuk memenangkan perang melawan Covid-19, sebagaimana keyakinan umat Kristiani tentang Yesus Kristus yang menang melawan kematian," ungkap Fachrul.

Dia berharap, umat Kristiani mampu memaknai keyakinan mereka akan kebangkitan Yesus Kristus, serta mengimplementasikannya untuk meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antar sesama.

"Sekali lagi, saya ucapkan Selamat Paskah 2020 kepada umat Kristiani di seluruh nusantara. Salam tangguh. Indonesia Maju. Selamat Paskah 2020," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.