Sukses

Glenn Fredly dan Kisahnya Mantap Dukung Jokowi 2 Periode

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia musik tanah air. Penyanyi ternama, Glenn Fredly meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta pada Rabu (8/4/2020) pukul 18.00 WIB tadi.

Selain bermusik, dia juga dikenal vokal menyuarakan isu-isu sosial, politik, dan hak asasi manusia (HAM). Maka tak heran jika dia sempat mengambil bagian dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu.

Kala itu, Glenn Fredly memantapkan hatinya untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Sebagai rakyat biasa, Glenn menilai dua tokoh nasional itu memiliki kapasitas yang baik untuk memimpin bangsa lima tahun ke depan.

Salah satu alasan Glenn mendukung pasangan bernomor urut dua, lantaran ia melihat kemampuan Jokowi dalam mendobrak struktur birokrasi di Indonesia yang dianggapnya ruwet.

"Jokowi antitesis dari birokrasi kita hari ini. Di saat birokrasi penuh lika-liku, dia bisa turun ke masyarakat dan punya akses yang berhubungan dengan administrasi, bisa dibuat semudah mungkin dan sedekat mungkin," kata Glenn saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (9/6/2014).

Sisi positif lain yang dinilai Glenn dari sosok Jokowi adalah sikapnya yang tak 'sok berkuasa' saat menjadi pemimpin. Sepak terjang Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta yang mau turun ke bawah, menjadi bukti nyata kesederhanaan pria bertubuh kurus itu.

"Dia bukan pemimpin yang mau dilayani, itu saja yang diamati. Sosok pemimpin jadi gambaran tentang kondisi masyarakatnya sendiri. Jokowi mewakili mayoritas masyarakat, saat kita bicara kemiskinan, ketertinggalan, dia ada," tutur Glenn.

Dalam mendukung Jokowi dan JK dalam Pemilu Presiden (Pilpres) pada 9 Juli 2014, Glenn tak cuma seorang diri. Ia juga mengajak kompatriotnya di Trio Lestari yakni Tompi dan Sandhy Sondoro untuk memberikan suara bagi Jokowi dan JK.

Dukungan kembali diberikan Glenn Fredly dan kawan-kawannya kepada Jokowi di Pilpres 2019. Glenn cs mendukung Jokowi dua periode untuk melanjutkan perjuangannya yang belum tuntas di 2014-2019. 

2 dari 3 halaman

Sakit Meningitis

Glenn Fredly meninggal dunia di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan pada pukul 18.00 WIB. Glenn mengembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit meningitis.

Kabar meninggalnya Glenn Fredly dibenarkan oleh sahabat karibnya Tompi, melalui Whatsapp kepada Liputan6.com.

"Telah berpulang saudara kami, Glenn Fredly, malam ini. Mhn dimaafkan semua salahnya. Dia yg selalu hadir menggerakkan kita semua," tulis Tompi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: