Sukses

Anak 6 Tahun Sumbangkan Tabungan untuk Beli APD Tenaga Medis yang Tangani Corona

Yasmin Saman Ahmad, seorang anak berusia enam tahun dari Makassar, Sulawesi Selatan, menyumbangkan uang tabungannya untuk penanganan wabah Corona.

Liputan6.com, Makassar - Yasmin Saman Ahmad, seorang anak berusia enam tahun dari Makassar, Sulawesi Selatan, menyumbangkan uang tabungannya untuk penanganan wabah Corona. Uang tabungannya itu akan digunakan untuk pengadaan alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

Yasmin didampingi ibunya Mardiana Rusli datang ke Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulsel di Sekertariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jumat 3 April 2020.

Bocah itu dengan antusias membuka celengannya yang berbentuk ikan di depan disaksikan panitia JPK Sulsel. Uang receh memenuhi celengan tersebut dan setelah dihitung nilainya sebanyak Rp 448.800.

"Ini untuk bantu belikan kakak dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kakak dokter," kata Yasmin, usai menyerahkan seluruh isi celengannya ke panitia JPK Sulsel seperti dilansir Antara.

Yasmin mengaku ikhlas menyerahkan tabungannya untuk membantu tim medis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 akibat infeksi virus Corona. 

Mardiana menambahkan keinginan Yasmin merelakan celengan itu atas inisiatifnya sendiri dan hatinya tergerak melihat kondisi tenaga medis yang tangani wabah Corona kekurangan APD.

Menurut dia, Yasmin dididik untuk terbiasa menabung sejak berumur dua tahun. Hasil tabungan itu diperuntukkan untuk bantuan sosial.

"Jadi setiap dua tahun celengan dibuka berapapun isinya dan disumbangkan yang berhubungan dengan kemanusiaan," kata mantan Ketua AJI Makassar itu.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Koordinator JPK Sulsel Darwin Fatir mengapresiasi empati yang ditunjukkan Yasmin untuk ikut mengatasi kondisi sosial saat ini. Aksi Yasmin itu dinilai bagian dari respons cepat terhadap kondisi yang dihadapi Indonesia melawan virus corona jenis baru yang episentrumnya berasal dari Wuhan, China, itu.

"Ini sangat patut mendapat apresiasi, Yasmin di usia masih sangat muda sudah peduli akan kemanusiaan. Kami sangat salut dan bangga serta berterima kasih atas sumbangan yang diberikan," ujar Darwin.

Hingga saat ini, kata Darwin, pihaknya telah menghimpun donasi dari sumbangan masyarakat sebanyak Rp 8.986.800 sejak dibuka Selasa 31 Maret 2020. Dana tersebut berasal dari kalangan jurnalis maupun jaringan jurnalis.

Darwin menyampaikan, JPK telah memesan paket APD (jubah, kaos tangan dan masker) sebanyak 33 paket senilai Rp 5,2 juta yang sementara dalam proses pengiriman ke Makassar.

"Rencana akan didistribusikan setelah barang tersebut tiba di Makassar," kata pewarta Kantor Berita Antara itu.

Darwin menyatakan JPK Sulsel akan terus membuka donasi kepada publik sebagai bentuk kepedulian membantu tim medis dalam percepatan penanganan COVID-19.

"Kami target pengadaan APD sebanyak 1.000 paket sebagai langkah awal," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.