Sukses

Tips Donasi Makanan di Tengah Pandemi Corona Covid-19 Ala Chef Degan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian masyarakat turut serta mendonasikan makanan untuk para pasien dan tenaga medis yang menangani Covid-19 akibat virus Corona

Chef Degan Septoadji berbagi tips kepada masyarakat sebelum mendonasikan makanan untuk pejuang Corona Covid-19 ini.

Menurut dia, saat memasak juru masak harus selalu menjaga kebersihan, seperti cuci tangan setiap saat hingga menggunakan pakaian yang bersih pula.

"Jadi, seperti cuci tangan di setiap saat, kemudian pakaian kita bersih ya, kemudian, alat-alat (masak) kita juga harus dijaga, supaya alat-alat juga bersih," ujar Degan di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2020).

Selain itu, lanjut dia, dalam memilih bahan makanan pun harus diperhatikan.

"Saat kita memilih bahan-bahan makanan, itu juga harus kita pastikan, bahwa sumbernya itu bersih dan kita juga harus memilih bahan-bahan yang memang baik kondisinya dan kualitasnya bagus," kata Degan.

Di samping bersih, makanan yang didonasikan ke pasien dan tenaga medis yang menangani Corona juga harus sehat. Menurut Degan, dalam makanan harus yang bernutrisi, seperti memiliki kandungan karbohidrat, serat, dan protein.

"Nutrisi tersebut dapat disajikan dalam menu seperti nasi, kentang, mie, sayuran, telor, daging, ikan maupun tahu dan tempe," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Tak Goreng Semua Makanan

Dia menyarankan, untuk tidak menggoreng semua bahan baku saat mengolahnya. Untuk menyeimbangkan, ada makanan yang dikukus atau dipanggang.

"Jadi, jangan semua digoreng, jadi harus seimbang, ada yang digoreng, ada yang dikukus, ada juga yang mungkin dipanggang ya. Itu semua istilah kulinernya cooking method yang sehat," kata Degan.

Menyikapi kondisi yang mungkin susah untuk ke luar rumah, ada baiknya membeli bahan makanan yang awet. Degan menyarankan untuk menyimpan jenis bahan baku seperti kentang, tomat, telur.

"Pastikan, bahwa telur itu disimpan di kulkas. Jangan di luar, jangan dipanas-panas," kata Degan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: