Sukses

MUI Bogor Imbau Warga Tetap Salat Berjamaah di Masjid 

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor mengeluarkan imbauan agar umat islam di wilayah itu tetap salat berjemaah di masjid, meski tengah dibayangi kekhawatiran penularan virus corona (COVID-19).

"Tetap Salat Jumat dan salat berjamaah lima waktu seperti biasa di masjid disertai dengan kehati-hatian dan kewaspadaan sesuai dengan apa yang telah dianjurkan pemerintah agar terhindar dari penyebaran virus corona," kata Ketua MUI Kabupaten Bogor  Ahmad Mukri Aji dikutip dari Antara, Jumat (20/3/2020).

Menurut dia, imbauan itu merupakan keputusan bersama dari Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Bogor menyikapi kekhawatiran masyarakat terhadap penularan Covid 19.

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu mengingatkan agar setiap umat Islam menjaga kesucian badan dengan air wudhu, memperbanyak berzikir serta mendoakan keselamatan bangsa dari wabah COVID-19.

"Menghindari rasa takut dan panik yang berlebihan terhadap wabah yang berkembang terkait penyebaran virus corona," kata Mukri.

Di samping itu, ia mengajak masyarakat membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Pasalnya, daya tahan tubuh yang kuat, dapat meminimalkan penularan infeksi COVID-19.

"Senantiasa menjaga kewaspadaan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di semua tempat dan kondisi," katanya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: