Sukses

Formula E Ditunda Akibat Corona, Anies Baswedan Tegaskan Commitment Fee Tidak Hangus

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan commitment fee untuk acara Formula E tidak akan hangus, meski perhelatannya ditunda. Penundaan Formula E sebagai bentuk tindak lanjut penanggulangan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

"Tidak ada, tidak ada yang hangus," kata Anies saat melakukan konferensi pers di Balai Agung, Rabu (11/3/2020)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu enggan mengomentari lebih lanjut atas penundaan acara balap mobil listrik yang sedianya akan dilaksanakan pada Juni 2020 di kawasan Monumen Nasional (Monas) tersebut.

Dia menuturkan penundaan Formula E atas kesepakatan bersama antara Pemprov dengan pihak Organizing Committee E-Prix sebagai penyelenggara Formula E. Berulang kali Anies juga menegaskan keselamatan warga Jakarta lebih penting ketimbang urusan keuntungan.

"Formula E adalah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional, risiko yang mungkin terjadi terlalu besar bagi Jakarta bila begitu banyak wisatawan datang dari negara-negara yang memiliki kasus Corona. Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian," katanya.

Penundaan Formula E di Jakarta telah diterbitkan melalui Surat Gubernur dengan nomor 117/-857.73.

2 dari 3 halaman

Isi Surat Gubernur

Isi surat sebagai berikut 'mencermati perkembangan Covid-19 di berbagai belahan dunia, khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya'.

Surat yang tertandatangani Gubernur Anies Baswedan itu ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, dan seluruh pihak terkait.

Penundaan Formula E di Jakarta telah lebih dulu dilakukan oleh China yang dijadwalkan digelar pada 21 Maret dan Rome E-Prix, Italia, pada 4 April harus dibatalkan.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: