Sukses

Istana: Jokowi yang Minta Sewa Pesawat untuk ke AS, Karena Lebih Murah

Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarkan Istana menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarkan Istana menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Amerika Serikat.

Menurut dia, Jokowi sendiri yang meminta agar menyewa pesawat Garuda karena biayanya lebih murah daripada menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Bussines Jet (BBJ) 2 tipe 737-800.

"Diminta oleh Bapak Presiden membuat perbandingan, bagaimana kalau untuk jarak yang jauh ke Amerika itu menyewa Garuda. Setelah melakukan perbandingan biayanya (sewa pesawat) menjadi lebih murah sedikit," jelas Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Dia menjelaskan, harga sewa pesawat lebih murah lantaran tak memerlukan transit apabila terbang ke negara yang jarak tempuhnya cukup jauh. Sebab, pesawat Garuda yang disewa bertipe Boeing 777-300ER yang berbadan besar.

"Apabila menggunakan pesawat kepresidenan sekarang itu harus transit 3 kali berdasarkan pengalaman yang dulu. Setiap transit harus mengisi bahan bakar dan dihitung biayanya akhirnya menjadi lebih mahal," tutur dia soal putusan Jokowi sewa pesawat.

"Kalau pesawat (Garuda) yang ini paling transit sekali aja," sambung Pramono.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Sewa Lagi

Dia menyebut, ke depannya, pesawat tersebut juga akan dipakai apabila Jokowi melakukan kunjungan ke negara-negara yang jaraknya jauh.

Adapun acara yang akan dihadiri Jokowi di Amerika Serikat adalah ASEAN-US Special Summit 2020 yang digelar Maret mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pesawat kepresidenan merupakan transportasi yang digunakan pemimpin suatu negara, untuk menuju ke berbagai daerah dan negara.

    pesawat kepresidenan