Sukses

Genangan Masih Tinggi, Akses Pondok Jaya Menuju Kemang Jaksel Tutup

Banyak kendaraan menggunakan jalur di Jalan Pondok Jaya karena lebih cepat tidak harus memutar kendaraan jauh ke arah Pejaten.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir setinggi 60 sentimeter (cm) menggenangi Jalan Pondok Raya, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Selasa (25/2/2020). Kondisi ini menyebabkan akses lalu lintas menuju kawasan Kemang tertutup.

Pantauan di lokasi, kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintasi Jalan Pondok Raya dan sekitarnya, banyak kendaraan memilih berputar arah setelah diinformasikan warga yang menutup akses jalan sebelum Pondok Jaya.

Sejumlah warga memilih berjalan kaki menerobos genangan untuk menjemput anaknya pulang sekolah, ada juga warga yang menggunakan gerobak sebagai transportasi saat banjir untuk evakuasi. Menurut Amiruddin (60) warga Jalan Pondok Jaya IX, air sudah naik sejak pukul 02.30 WIB setelah hujan mengguyur sejak pukul 00.30 WIB hingga pagi.

"Ini banjir kedua selama 2020, yang pertama tanggal 1 Januari, Februari ini yang kedua," kata Amiruddin.

Amir mengatakan wilayah Pondok Jaya sudah langganan banjir terutama banjir lima tahunan. Terakhir banjir sebelum Januari 2020 yakni banjir tahun 2007.

Banjir tahun 2007, lanjut dia, tidak separah banjir 1 Januari 2020, air masuk ke dalam rumahnya hingga setinggi 60 cm, sementara di luar rumah sudah 1,5 meter. Posisi rumah Amiruddin agak tinggi dan berlantai dua, selain itu terletak di bagian depan Jalan Pondok Jaya tak jauh dari Kali Mampang.

Menurut dia, banjir disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan luapan Kali Mampang.

"Udah sering banjir jadi enggak heran, dibawa santai aja," kata pensiunan yang sudah 12 tahun tinggal di Pondok Jaya.

Sementara itu, menurut Egie Petugas PJLP Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, banjir kali ini tidak terlalu tinggi dibanding banjir tanggal 1 Januari, dengan ketinggian mencapai 60 cm.

"Kalau yang tanggal 1 Januari kan ada yang sampai 1,5 meteran," kata Amiruddin.

 

Saksikan Video Iihan Berkut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Cepat Menuju Kemang

Sementara, Jalan Pondok Jaya merupakan salah satu akses cepat menuju Kemang dan sekirarnya dari arah Mampang Prapatan. Banyak kendaraan menggunakan jalur ini karena lebih cepat tidak harus memutar kendaraan jauh ke arah Pejaten. 

Hingga saat ini, air mulai surut perlahan, ketinggian masih tersisa 40 cm. Petugas PJLP Sudin SDA Jakarta Selatan telah menyiapkan pompa untuk menyedot air.

"Pompa sudah disiapkan, nanti kalau air kali sudah surut kita lakukan penyedotan," kata Egi.

Sementara itu, sejumlah anak-anak tampang riang bermain banjir, ada yang lari-larian, berenang, bahkan bermain perahu-perahuan menggunakan kolam plastik portabel.

Banjir di Jalan Pondok Jaya juga sempat ditinjau oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Polisi Budi Sartono menggunakan perahu karet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.