Sukses

Kebun Raya Cibinong Dibuka untuk Umum Akhir Tahun Ini

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, Kebun Raya Cibinong ditargetkan dibuka untuk umum akhir tahun 2020 ini.

Liputan6.com, Bogor - Kebun Raya Cibinong, Bogor akan dibuka untuk umum. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Pemerintah Kabupaten Bogor sedang menyiapkan infrastruktur dan fasilitas penunjang Kebun Raya Cibinong.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, Kebun Raya Cibinong ditargetkan dibuka untuk umum akhir tahun 2020 ini. Saat ini, kebun raya masih dalam tahap penataan, di antaranya infrastruktur jalan, fasilitas umum, dan penanaman tumbuhan langka di area seluas sekitar 60 hektare.

"Kita sih pengennya November ini bisa dibuka, ya paling lambat akhir tahun ini," kata Tri, Senin (24/2/2020).

Dari total luas lahan tersebut baru 30 hektar yang rampung dan sudah diisi koleksi tanaman endemik. Lambannya penanaman lantaran harus memindahkan tumbuhan dari dataran tinggi ke dataran rendah.

"Memindahkan tanaman atau pohon-pohon dari dataran tinggi dengan kondisi lahan basah itu tidak mudah, sehingga harus ada modifikasi," ujar dia.

Konsep kebun botani Cibinong berbeda dibanding kebun raya yang sudah ada sekarang ini. Di kawasan seluas 60 hektar itu bakal ada fasilitas greenhouse raksasa. Disamping sarana rekreasi yang sehat, pengunjung juga bisa melihat para peneliti di LIPI yang sedang penelitian.

"Nanti terintegrasi dengan eduwisata. Kan disini banyak tempat risetnya, jadi terintegrasi dan belum ada di tempat lain. Pengunjung bisa melihat langsung para peneliti di LIPI sedang meneliti spesimen," jelas Tri.

Fungsi Kebun Raya Cibinong sebagai tempat koleksi, pemeliharaan, penangkaran berbagai jenis tumbuhan dalam rangka membentuk dan mengembangkan habitat baru serta pelestarian jenis tumbuhan secara ex-situ di Indonesia.

Selain itu, kebun botani ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sarana rekreasi yang sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama dengan Pemkab Bogor

Di lingkup LIPI, selain Kebun Raya Bogor, berkembang pula Kebun Pegunungan Cibodas dan Bedugul Bali, serta Kebun Dataran Rendah Kering Purwodadi. LIPI juga telah mengembangkan Kebun Botani Puspiptek Serpong, sebuah kawasan kebun botani yang menyatu dengan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong.

"Jika Kebun Raya Cibinong dibuka, nantinya kebun botani yang di bawah pengelolaan LIPI totalnya ada 6," kata dia.

Terkait pengembangan Kebun Raya Cibinong, LIPI telah sepakat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai komitmen pembangunan kebun raya. Bahkan, Pemkab Bogor telah menggelontorkan anggaran untuk penataan hutan di tengah kota itu.

Bupati Bogor Ade Yasin juga telah mengusulkan nama kebun raya itu Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG). Kebun botani ini akan melengkapi daftar destinasi wisata Kabupaten Bogor sebagai "The city of sport and tourism".

"Untuk pengelolaannya juga nantinya bisa dikerjasamakan dengan pemda setempat,” kata Tri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.