Sukses

Inilah Sebaran WNI Rehabilitasi di Natuna yang Akan Dipulangkan Sabtu Lusa

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan WNI yang telah diobservasi di Natuna usai dari Wuhan, akan balik Sabtu 15 Februari 2020 mendatang. Mereka akan pulang ke kampung halaman masing-masing yang tersebar di 29 provinsi.

Berdasarkan data yang diperoleh Liputan6.com, Kamis 13 Februari 2020, Jawa Timur menjadi daerah yang paling banyak sebanyak 65 orang.  Aceh 13 Orang, Bali 2 orang, Bangka Belitung 1 orang, Banten 5 orang.

Kemudian, Bengkulu dan DIY 2 orang, Gorontalo 1 orang. Dilanjutkan DKI Jakarta 16 orang, Jambi 4 orang, Jawa Barat 9 orang, Jawa Tengah 10 orang, Jawa Timur 65 orang, Kalimantan Barat 4 orang, Kalimantan Timur 15 orang, Kalimantan Selatan 8 orang.

Lalu ada di Kalimantan Tengah 4 orang, Kepulauan Riau 2 orang, Lampung 1 orang, NTB 4 orang, Papua 5 orang, Papua Barat 9 orang, Riau 6 orang. Dilanjutkan di Sulawesi Barat 2 orang, Sulawesi Selatan 16 orang, Sulawesi Tengah 2 orang, Sulawesi Tenggara 4 orang, Sumatera Utara 4 orang, Sumatera Barat 1 orang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, dirinya melimpahkan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto terkait hal ini.

Menurutnya, data tersebut adalah benar. "Iya betul (data tersebut)," ujarnya.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy memastikan semua WNI yang dikarantina di Natuna dalam kondisi sehat. Mereka  rencananya akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing pada Sabtu 15 Februari 2020.

"Mengikuti masa observasi selama dua minggu, rencana akan kita lepas karena prosesnya berlangsung dengan baik, tetap sehat dan aman," kata Muhadjir di kantornya, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dia pun meminta agar informasi ini digunakan untuk membuat masyarakat tidak panik.

"Jangan sampai terjadi suasana panik atau suasana salah paham yang bisa tidak mendukung upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan, rasa aman, rasa baik untuk warga negaranya," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Skenario Evakuasi 74 WNI dari Kapal Diamond Princess Versi Pengamat
Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Negara yang Evakuasi Warga dari Kapal Diamond Princess, Selanjutnya Indonesia?