Sukses

Pemprov DKI Pindahkan 85 Pohon dari Lokasi Proyek Revitalisasi Monas

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Saefullah menegaskan, ada 85 pohon yang dipindahkan karena revitalisasi sisi selatan kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Pohon yang dipindahkan itu, sudah diletakkan dan dikelola dengan tepat.

"Yang fix hasil rapat kita ada pohon yang kita pindahkan ke sisi barat 55 ke sisi timur 30," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Menurut Saefullah, proyek revitalisasi Monas dikerjakan berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka. Berdasarkan keppres tersebut, kemudian dibuat sayembara untuk merevitalisasi wajah ikon Ibu Kota itu.

"Gambar sebagai lampiran pada Keppres. Ini sebagai sayembara kita, jadi sama. Pada sisi sini nanti ada tanaman," tutur Saefullah.

Sebelumnya, Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri menyatakan revitalisasi di kawasan Monas merupakan bagian dari Rencana Induk Penataan Rencana Tapak Kawasan Medan Merdeka. Dia menyebut, sayembara desain sudah ditetapkan pada tahun 2019.

"Saat ini pelaksanaannya sedang dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta sejak 2019, dengan target pengerjaan selama tiga tahun," kata Isa dalam keterangan tertulis, Senin 20 Januari 2020.

Untuk saat ini, Isa menyatakan revitalisasi baru dilakukan di area Plaza Selatan. Pohon yang ada di kawasan itu akan dipindahkan ke sejumlah titik.

"Ke area Barat, Timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka, atau dikenal dengan eks parkir IRTI," ucapnya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BKPM Khawatirkan Kepulangan WNI Eks ISIS Ganggu Investasi
Artikel Selanjutnya
BTN Targetkan Raup Laba Rp 3 Triliun di 2020