Sukses

Panglima: Pembentukan 3 Satuan Baru Jadikan TNI Siap Hadapi Ancaman 

Tiga satuan baru tersebut, yakni Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI, dan Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar) TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pembentukan tiga satuan baru di lingkungan TNI mampu mewujudkan organisasi TNI yang adaptif dan mampu menghadapi berbagai ancaman wilayah NKRI.

Tiga satuan baru tersebut adalah Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI, dan Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar) TNI.

"Ketiga satuan TNI tersebut saat ini masih dalam proses pembangunan sarana prasarana, pemenuhan alutsista, pemenuhan sarana pendukung, maupun personel," kata Hadi di Kemhan RI, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Seperti dilansir Antara, Hadi menyebut pembentukan Koopssus TNI seiring dengan maraknya radikalisme dan terorisme. Sedangkan Kogabwilhan TNI bertugas untuk mengatasi setiap potensi ancaman dan trouble spot di wilayah tanggung jawab masing-masing.

Markas Kogabwilhan I berkedudukan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Kogabwilhan II di Balikpapan, Kalimantan Timur; dan Kogabwilhan III di Biak, Papua.

Sementara itu, pembentukan Pusinfomar TNI sebagai upaya menjalin sinergitas kementerian, lembaga, maupun negara-negara di kawasan dalam menghadapi kompleksitas aktivitas dan permasalahan maritim.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.