Sukses

Viral Video Rizieq Shihab Pulang, Benarkah?

Rizieq disebut-sebut pulang ke Tanah Air. Benarkah? Begini kata juru bicaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video tentang Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, sedang di terminal kedatangan sebuah bandara, viral. Rizieq disebut-sebut pulang ke Tanah Air. Benarkah?

Juru Bicara Rizieq Shihab, Abdul Chair mengklarifikasi, video tersebut merupakan rekaman lama.

"Video itu di Surabaya kalau tidak salah. Sudah lama," ujar Abdul Chair saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Menurut dia, pihaknya tengah mengusahakan pemulangan Rizieq Shihab. Rizieq, kata dia, masih berada di Makkah.

"Habib Rizieq Shihab sedang diusahakan pulang ke Indonesia. Tentang kapan tibanya, kita belum tahu, sedang menunggu proses pulangnya beliau," kata Abdul Chair.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Moeldoko: Pulang Saja

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko justru mempertanyakan masalah apa sebenarnya yang terjadi pada Rizieq.

"Saya tidak tahu secara teknis tentang negosiasi. Kalau menurut saya sih, apa yang dinegosiasikan? Wong secara, tidak ada yang bermasalah sebenarnya. Pak Rizieq mau pulang, pulang saja, kan begitu," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Moeldoko menegaskan, pemerintah Indonesia tidak pernah mempersulit Rizieq untuk kembali ke Tanah Air. Pernyataan ini sekaligus membantah tuduhan bahwa pemerintah meminta Arab Saudi mencekal Rizieq.

"Jadi jangan mengembangkan sesuatu yang memang pemerintah tidak melakukan, kalau merasa tercekal ya silakan saja," kata Moeldoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini