Sukses

Emas Pertama SEA Games, Jokowi: Selamat untuk Tim Polo Air Putra

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut gembira kabar baik dari tim Indonesia di SEA Games ke-30

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut gembira kabar baik dari tim Indonesia di SEA Games ke-30.

Hal tersebut disampaikan Jokowi pada akun instagram resminya  @jokowi. Foto tim polo air putra yang diunggah akun @jokowi menuliskan keterangan bahwa emas pertama Indonesia diraih oleh tim polo air putra.

"Medali emas pertama Indonesia di SEA Games ke-30 datang dari tim polo air putra. Ini keping emas pertama polo air putra sejak keikutsertaan Indonesia pada SEA Games. Indonesia menghentikan dominasi Singapura yang 27 kali meraih medali emas secara beruntun, dari 1965-2017," tulis keterangan foto yang diunggah Jokowi, Sabtu (30/11/2019).

Jokowi juga menyampaikan selamat atas raihan emas tim polo air putra. "Selamat untuk tim polo air putra!," tulis Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Medali Emas

Timnas Polo Air Putra Indonesia mencatat sejarah usai mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2019.

Indonesia merebut medali emas SEA Games 2019 setelah meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang dalam pertandingan yang berlangsung dengan sistem round robin itu (setengah kompetisi).

Indonesia di puncak klasemen setelah meraih hasil imbang 6-6 kontra Filipina, melibas Thailand 17-12, mengalahkan juara bertahan Singapura 7-5, dan terakhir menumbangkan Malaysia 14-7.

Indonesia harus menunggu pertandingan antara Filipina kontra Singapura yang berakhir dengan skor 6-6.

Setelah laga itu berakhir, seluruh pemain dan ofisial langsung melakukan selebrasi di Aquatic Center, Clark, Jumat (29/11/2019) malam.

Bagi Indonesia, ini merupakan sejarah. Ini pertama kalinya tim Merah Putih meraih medali emas. Pada edisi lalu di Malaysia, Indonesia meraih medali perak.

Keberhasilan tahun ini juga sekaligus mematahkan dominasi Singapura sejak tahun 1965. Sebagai catatan, Indonesia pertama kali mengikuti cabang ini pada SEA Games 1977.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.