Sukses

Ratusan Abdi Dalem Keraton Naik Pangkat

Meski tanpa dihadiri sang raja, lembaga adat keraton melakukan pemberian gelar dan kenaikan pangkat kepada ratusan sentono dan abdi dalem keraton.

Liputan6.com, Solo: Ratusan sentana dalem dan abdi dalem dari berbagai daerah hadir di Bangsal Semorokoto, Keraton Kasunanan Surakarta, Selasa (12/6). Mereka datang untuk memperoleh surat keputusan tentang penerimaan gelar baru atau kenaikan pangkat bagi yang sebelumnya telah menerima jabatan dari keraton setempat.

Acara pemberian gelar semacam ini biasa digelar menjelang acara Tingalan Jumenengan atau peringatan kenaikan tahta raja Keraton Pakubuwono ke-13 Hangabehi.

Namun, pemberian gelar kepada banyak kalangan ini tidak lagi dihadiri oleh sang raja. Itu karena Sinuhun Pakubuwono 13 Hangabehi tengah berada di luar keraton dan telah bersatu dalam dwi tunggal bersama sang adik Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Panembahan Agung Tejowulan.

Acara pemberian gelar ini masih akan kembali dilakukan hingga sehari menjelang jumenengan pada 14 Juni mendatang. Sementara itu, pihak lembaga adat belum bersedia memberikan keterangan terkait puncak tingalan jumenengan tersebut. Mengingat saat ini pihak sang raja masih berada di luar tembok keraton pascapelarangan masuk oleh lembaga adat beberapa waktu lalu.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini