Sukses

Menkes: 72 Orang di Depok Terjangkit Hepatitis A

Menurut Terawan, 72 orang yang terserang virus Hepatitis A ini bukan seluruhnya siswa SMPN 20 Depok.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan, 72 orang terjangkit virus Hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Rinciannya, 38 laki-laki dan 34 perempuan. 

"Hasil penelusuran yang dilakukan, kasus jumlah penderitanya sebanyak 72 orang. 38 laki-laki, 34 perempuan. Ini kasus hepatitis A yang dirawat sebanyak 3 orang. Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah," ujar Terawan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). 

Menurut Terawan, 72 orang yang terserang virus Hepatitis A ini bukan seluruhnya siswa SMPN 20 Depok. Melainkan ada siswa dan guru dari sekolah berbeda, hanya saja sama-sama berada di Depok. 

Terawan mengaku telah memerintahkan tim untuk melakukan pendataan terhadap siswa dan guru yang terindikasi terjangkit virus Hepatitis A. Dia juga memastikan telah menurunkan tim medis untuk menangani langsung kasus tersebut. 

"Jadi ada dua hal yang kami lakukan, satu mencegah penyebaran semakin meluas, kedua kami melakukan tindakan medis untuk penyakitnya," ucap Terawan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Tetapkan Kejadian Luar Biasa

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini mengatakan, meski banyak siswa dan guru yang terjangkit virus Hepatitis A, pemerintah belum bisa menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Sebab, kasus ini masih bisa ditangani dengan baik.

"Kan jumlah tidak mempengaruhi itu. Kalau masih terlokalisir kan masih bisa kita tangani," ujar dia

"Doakanlah mudah-mudahan, doakan moga-moga di lingkungan Depok saja," kata Terawan.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.