Sukses

Umat Muslim Jakarta akan Segera Memiliki Masjid Apung, Rumah Ibadah Megah nan Unik

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan rumah ibadah memang sudah biasa terjadi, namun apa jadinya kalau ada sebuah rumah ibadah yang akan dibangun di atas laut? Tentu akan menjadi bangunan yang spektakuler. Ya, itulah yang menjadi tujuan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) dalam waktu dekat ini akan membangun masjid yang berada di atas laut atau biasa disebut dengan Masjid Apung.  

Rencananya sarana beribadah umat muslim akan dibangun di b agian timur Pantai Ancol atau di area yang dikenal dengan sebutan Pantai Ria. Tak tangggung-tanggung masjid akan dibangun di atas tanah seluas 2000 meter persegi yang akan dapat menampung hingga 2.500 jemaah. Model bangunan pun bernafaskan islami dengan bentuk segi lima yang mencerminkan rukun islam serta jumlah salat wajib dalam satu hari.

Tak hanya itu, tinggi masjid yang mencapai 25 meter juga melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan di dalam Al-Qur'an. Tak ketinggalan di sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Nantinya masjid ini bertujuan sebagai perlambang perjalanan Agama Islam di Jakarta dengan  banyak bagian bentuk bangunan yang menjadi simbol sejarah. Kiblat dan seluruh bangunan juga dirancang menghadap ke laut lepas dengan begitu sirkulasi udara dibuat terbuka agar hamparan angin laut menjadi penyejuk alami.

Masjid Apung Ancol didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon baru Kota Jakarta. Tidak hanya itu, Masjid Apung Ancol juga akan menjadi sentral dari destinasi wisata dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu.

"Kami harap Masjid Apung ini bisa memberikan pengalaman baru bagi pengunjung serta dapat menjadi destinasi dan icon baru Jakarta yang menjadi kebanggaan Kota Jakarta," ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. 

 

(Adv)

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan: Bila Jakarta Tegang, Se-Indonesia Tegang
Artikel Selanjutnya
Kala Said Aqil Sapa Anies Cucu Pahlawan yang Nasionalis