Sukses

Anies: Semoga Kongres Nasdem Jadi Sejarah Perkembangan Demokrasi Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kader Partai Nasdem yang hadir dalam acara Kongres II Partai Nasden 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"11 hari yang lalu kita di Jakarta, kita memeringati Hari Sumpah Pemuda. Saat kongres ditetapkan di Jakarta maka mengingatkan kepada kita, hadir seluruh peserta dari seluruh Indonesia. Di kota inilah simpul persatuan pertama kali dieratkan," tutur Anies saat sambutannya, Jumat (8/11/2019).

"Hari ini kita merasakan efek dari kongres ini. Persatuan hadir di kita dan pemersatunya adalah Bahasa Indonesia," lanjut Anies Baswedan.

Dengan kader Partai Nasdem yang datang dari berbagai daerah di Indonesia itu, Anies merasa ada representasi persatuan bangsa yang terjadi. Sebagaimana Indonesia yang dengan beragam suku, budaya, agama, dan bahasa, memiliki keunikan yakni persatuan itu sendiri.

"Saya percaya Partai Nasdem yang dan jalannya kongres ini akan menjadi motor pemersatu bangsa," jelas Anies.

Dia pun berharap Partai Nasdem dapat menjadi parpol yang dapat menciptakan persatuan di atas ketimpangan yang selalu banyak terjadi di negeri ini.

"Selamat kongres kedua, selamat berkaya, dan semoga kongres ini menjadi salah satu catatan sejarah, bukan hanya untuk Partai Nasdem, tapi untuk perkembangan demokrasi di Indonesia," Anies menandaskan.

 

2 dari 3 halaman

Alasan Nasdem Undang Anies

Anggota Komisi III DPR Fraksi Nasdem Taufik Basari menjelaskan alasan Partai Nasdem meminta Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi pembuka dalam Kongres II Partai Nasdem 2019 yang diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Dia kan tuan rumah, apa namanya, yang punya wilayah. Dia dihadirkan sambutannya sebagai gubernur menyambut dari berbagai daerah," tutur Taufik saat dikonfirmasi, Jumat (8/11/2019). 

Taufik menyebut, pada dasarnya pembuka Kongres Partai Nasdem tetap berada di tangan Ketua Umum Surya Paloh.

Dia membantah, pihaknya mengesampingkan peran Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dalam berbagai kegiatan sejenis kongres dari partai koalisi, selalu menjadi pembicara di awal acara. 

"Tapi memberikan ucapan selamat datang. Tetap membuka Ketum. Dan ini kan acara internasional, mengundang pihak lain dan kapasitas Pak Anies datang sebagai gubernur, sebagai yang memiliki daerah, memberikan ucapan selamat datang bagi para peserta dari berbagai daerah di Indonesia," beber dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Ogah Berdebat soal Jumlah Anggota TGUPP Dipangkas DPRD DKI
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan: Oposisi Bersikap Keras Karena TGUPP Kerjanya Bagus