Sukses

Jokowi Minta Direksi Bank Nasional Turun ke Pelosok Papua

Jokowi mengatakan bahwa saat ini banyak usaha kecil menengah, khsusunya di daerah terpecil yang membutuhkan bantuan modal dari bank nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta para direksi perbankan nasional untuk juga turun ke pelosok daerah seperti dirinya. Jokowi menilai daerah wilayah timur Indonesia juga membutuhkan bantuan bank nasional.

"Pak Dirut, Pak Direksi tolong datangi. Ini loh Indonesia. Oh ternyata Indonesia tidak hanya Sudirman, Thamrin. Tapi ada Nduga, Wamena, Yahukimo, memerlukan sentuhan semuanya," ujar Jokowi saat sambutan dalam pembukaan Indonesia Banking Expo 2019 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi mengatakan bahwa saat ini banyak usaha kecil menengah, khsusunya di daerah terpecil yang membutuhkan bantuan modal dari bank nasional. Dia sendiri mencatat setidaknya ada 60 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan sentuhan modal.

"Kawal mereka yang mikro dan kecil-kecil ini. Gede banget jumlahnya, data saya, ada 60 juta (UMKM). Berikan. Jangan yang ngurus hanya BRI saja. Yang lain, urus itu yang kecil-kecil yang ada di daerah, pelosok," jelas dia.

Untuk itu, dia meminta agar sejumlah bank nasional memperluas jangkauannya ke masyarakat dengan membuka cabang salah satunya, di Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jokowi ingin pelaku dunia perbankan jug memerhatikan rakyat kecil.

"Jangan hanya berkantor di Jakarta saja. Buka (kantor) cabang di Wamena," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untung bagi Perbankan

Jokowi menyadari bahwa memberikan pinjaman uang kepada perusahaan yang besar memberikan untung besar bagi perbankan.

Namun, dia menyatakan bank juga wajib memberi pembiayaan kepada pelaku UMKM agar dapat baik level.

"Kalau yang kecil biaya lebih tinggi, capek, untungnya lebih kecil. Saya tahu. Tapi saya mengajak kepada kita semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa dan negara kita," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.