Sukses

Berita Terkini Pengumuman Kabinet Jokowi Jilid II

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi dilantik sebagai Presiden RI 2019-2024, Joko Widodo atau Jokowi langsung menyusun kabinet barunya. Sejumlah nama telah dipanggil ke Istana Kepresidenan.

Orang pertama yang hadir ke Istana adalah Mahfud Md. Berbaju putih dan celana putih, Mahfud datang sekitar pukul 09.33 WIB.

Dia mengaku dipanggil oleh Presiden Jokowi. "Saya dipanggil," ucapnya.

Tak lama berselang, Bupati Minahasa Christiany Paruntu merapat ke istana. Dengan baju putih lengan panjang khas baju "dinas" menteri, dia datang sekitar pukul 10.05 WIB.

"Ini memang kerja. Belum tahu belum tahu," katanya saat ditanya, Selasa.

Tak lama setelah Christiany, giliran Nadiem Makarim merapat ke istana. Bos Gojek ini juga datang dengan baju khas putih dan celana hitam. Nadiem langsung masuk ke Istana begitu tiba.

"Saya dipanggil Presiden," ujarnya singkat.

Mantan bos NET TV Wishnutama menjadi orang keempat yang mendatangi Istana Kepresidenan. Dia datang sekitar pukul 11.09 WIB.

Wishnutama datang dengan baju putih dan celana hitam, khas 'baju dinas' menteri Jokowi. "Semalam saya dihubungi protokol istana untuk datang bertemu presiden hari ini," ujarnya.

Setelah Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta. Erick tiba di Istana pukul 11.11 WIB.

Erick datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam saat datang ke Istana. Namun, dia enggan berkomentar soal pemanggilannya hari ini. "Nanti, nanti," kata dia.

 

2 dari 7 halaman

Perubahan Nomenklatur

Mantan Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin mengatakan akan ada perubahan nomenklatur kementerian di periode kedua pemerintahan Jokowi. Setidaknya ada 10 kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur. 

"Mudah-mudahan itu tidak ada perubahan lagi. Itu yang diprediksi akan ada nomenklatur baru dari bapak Presiden seperti itu," kata Ngabalin saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

Dia membeberkan, 3 dari 10 nomenklatur adalah kementerian baru. Yakni ada investasi, pemuda dan olahraga, serta lingkungan. 

Panggil Kapolri

Presiden Jokowi memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/10/2019). Tito tiba di Istana sekitar pukul 12.10 WIB dengan mengenakan pakaian dinas Polri.

Saat ditanya terkait kedatangannya, Tito menduga untuk membicarakan masalah keamanan. "Dipanggil presiden, tapi saya kira ini mengenai situasi kantibmas. Kemarin pelantikan, pengamanan pelantikan," kata Tito.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto turut dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan. Namun, ia tak menjawab dengan tegas apakah akan kembali akan menduduki jabatan yang sama di Kabinet Kerja jilid II.

Dia malah meminta publik menunggu hingga Presiden Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya. "Insyaalah, nanti akan diumumkan hari Rabu besok," ujar Airlangga.

Menteri Sekretaris Negara Kabinet Kerja Jilid I, Pratikno terpantau tiba di Istana Negara Jakarta pukul 14.07 WIB. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini didampingi Nico Harjanto dan M Fadjroel Rachman.

Pratikno bungkam saat ditanya apa yang akan dibahas saat bertemu Jokowi. Dia juga irit bicara soal kesiapan jadi menteri Kabinet Kerja Jilid II. "Sebentar, sebentar," ucapnya.

 

3 dari 7 halaman

Prabowo Diundang ke Istana

Muncul kabar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diundang Presiden Jokowi ke Istana. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan kabar tersebut. Namun, dia belum bisa memastikan kapan Prabowo akan menghadiri undangan itu.

"Saya belum tahu apakah hari ini atau besok. Yang saya dengar pasti memang ada undangan ke Istana," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu datang ke Istana Kepresidenan karena diusulkan Partai Golkar jadi salah satu menteri Jokowi. Namun, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Tetty Paruntu langsung meninggalkan Istana melalui pintu samping usai bertemu Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

"Tadi ada Ibu Tetty, usulan dari Partai Golkar. Di dalam tadi beliau menunggu dulu Pak Airlangga. Setelah bertemu Pak Airlangga, beliau langsung meninggalkan Istana lewat samping jadi tidak sampai ketemu Presiden," jelas Bey. Karena tak bertemu dengan Jokowi, maka Tetty Paruntu batal menjadi menteri di Kabinet Kerja Jiid II.

Presiden Jokowi juga telah memanggil Fadjroel Rahman ke Istana. Komisaris PT Adhi Karya itu mengaku diminta Jokowi menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II. "Saya bersedia menerima apapun yang dimintakan kepada saya untuk membantu beliau dan negara ini," kata Fadjroel di Istana.

Fadjroel mengatakan, bersama Mensesneg Pratikno, dan Nico Harjanto, dirinya berbincang dengan Jokowi sambil makan siang. Mereka bicara soal SDM, infrastruktur, hingga birokrasi.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Edhy Prabowo tiba di Istana Kepresidenan pukul 16.13 WIB. Prabowo mengaku dihubungi Presiden Jokowi pada Minggu 20 Oktober malam.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Prabowo mengaku diminta Jokowi untuk membantu pemerintahan di bidang pertahanan.

"Saya diminta membantu beliau (Jokowi) di bidang pertahanan," ungkap Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

 

4 dari 7 halaman

Hari Kedua

Presiden Jokowi kembali memanggil sejumlah nama calon menteri ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Pada Selasa (22/10/2019) pagi, Sri Mulyani menjadi orang pertama yang tiba di Istana.

Pantauan Liputan6.com, Sri Mulyani tiba di Istana sekitar pukul 09.07 WIB. Dia tiba dengan mengenakan kemeja putih. Sri Mulyani mengaku ditelepon pihak Istana pada Senin 21 Oktober. "Dihubungi kemarin," ujar dia.

Politikus Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo tiba di Istana Kepresidenan. Dia datang mengenakan kemeja warna putih. "Untuk hadir dan ketemu Bapak Presiden," kata Syahrul.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini mengatakan, sudah meminta izin dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk memakai baju putih.

Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan calon menteri ketiga yang tiba di kantor Jokowi.  Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja I itu tiba pukul 09.57 WIB.

Agus Gumiwang hanya tersenyum kepada wartawan yang melontarkan pertanyaan kepadanya. Dia juga melambaikan tangan ke arah kamera.

Politikus PDIP Juliari P Batubara tiba di Istana. Dia mengenakan kemeja warna putih.

Juliari yang merupakan Wakil Bendahara Umum PDIP ini melambaikan tangan kepada awak media dan tersenyum. Juliari juga merupakan Wakil Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Siti Nurbaya tiba di Istana Kepresidenan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja jilid I itu tiba pukul 10.15 WIB. 

Dia agak terburu-buru dengan sesekali berlari kecil ketika tiba. Siti Nurbaya datang dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Dia kemudian tersenyum dan melambaikan tangan ke arah wartawan.

 

5 dari 7 halaman

Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

Sri Mulyani telah selesai bertemu dengan Presiden Jokowi. Ia mengaku diminta Jokowi untuk kembali menjadi Menteri Keuangan. "Beliau menugaskan saya untuk tetap menjadi menteri keuangan," kata Sri Mulyani.

Dia menyebut telah diizinkan Presiden Jokowi untuk menyampaikan posisinya pada media. "Diizinkan untuk sampaikan ke media," ucapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mendatangi Istana Kepresidenan pagi ini. Dia datang mengenakan kemeja warna putih.

Suharso tak banyak berkomentar. Dia kemudian tersenyum dan melambaikan tangannya. "Nanti ya, nanti. terima kasih," kata Suharso Monoarfa yang langsung masuk ke Istana.

Basuki Hadimuljono menyambangi Istana Kepresidenan siang ini. Dia mengenakan kemeja putih dan tersenyum. "Baru saja, ini langsung lewat telepon saja," kata Basuki di Istana. 

Basuki Hadimuljono mengaku diminta untuk datang mengenakan pakaian putih. Mengenai posisi apa yang akan didudukinya, Basuki mengaku belum tahu. "Belum tahu, nanti ya," ucapnya.

Ida Fauziyah menyambangi Istana Kepresidenan, Selasa (22/10/2019) siang jelang pengumuman menteri Jokowi. Berbaju dan jilbab putih, dia merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pertama yang menyambangi Istana untuk menemui Jokowi.

Sebelumnya, Jend (Purnawirawan) Fachrul Razi juga datang ke Istana. Dia tiba pukul 12.51 WIB. "Saya dihubungi jam 10 tadi malam oleh Mensesneg," kata Fachrul jelang pengumuman menteri Jokowi.

Bahlil Lahadalia datang ke Istana Kepresidenan Jakarta. Pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini mengenakan kemeja putih. Bahlil yang sempat menjabat sebagai Ketua Umum BPP HIPMI periode 2015–2019, tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, sekitar pukul 13.10 WIB.

Dia mengatakan, dihubungi pihak Istana untuk bertemu Presiden Jokowi pada Senin malam 21 Oktober 2019. "Semalam, oleh protokol," ujar Bahlil.

Politikus Partai Golkar Zainudin Amali mendatangi Istana untuk bertemu Presiden Jokowi. Zainudin datang dengan baju khas menteri Jokowi, baju putih dan celana hitam sekitar 13.25 WIB. Dia langsung melangkah masuk istana dan melambaikan tangan ke awak media.

Belum diketahui Zainudin akan mengisi posisi apa di Kementerian Jokowi periode kedua nanti. Kedatangan Zainudin di Istana menambah daftar calon menteri dari Golkar. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang juga sudah menghadap Jokowi.

Politikus PKB Abdul Halim Iskandar menjadi salah satu orang yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Kakak kandung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar itu tiba di Istana sekitar pukul 13.51 WIB dengan mengenakan kemeja putih.

Tidak ada pernyataan pers yang disampaikan Abdul Halim saat tiba di Kompleks Istana. Dia hanya melambaikan tangan dan menjawab singkat sapaan wartawan.

 

6 dari 7 halaman

Menteri Lama

Menteri Perhubungan Kabinet Kerja Jilid I Budi Karya Sumadi terlihat mendatangi Istana Kepresidenan. 

Seperti calon menteri lainnya, Budi Karya tiba mengenakan kemeja putih

Setelah Budi Karya, Menkumham Kabinet Kerja Jilid I Yasonna Laoly juga tiba di Istana Kepresidenan mengenakan kemeja putih.

Tak berselang lama, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI dalam Kabinet Kerja Jilid I Sofyan Djalil yang mengenakan kemeja putih juga tiba di Istana Kepresidenan.

Kemudian, Kepala Kantor Staf Presiden pada Kabinet Kerja Jilid I Moeldoko tampak mendatangi Istana Kepresidenan dengan kemeja putih lengan pendek.

Menyusul Moeldoko, Menteri Dalam Negeri Kabinet Kerja Jilid I Tjahjo Kumolo terlihat melenggang ke Istana Kepresidenan dengan kemeja putih dan celana hitam.

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate juga merapat ke Istana Kepresidenan sekitar pukul 15.34 WIB. Mengenakan kemeja putih pada Minggu (22/10/2019), Johnny nampak semringah dan melambaikan tangan kepada awak media.

Johnny merupakan politikus ketiga dari Partai Nasdem yang diundang ke istana menjelang pengumuman kabinet Jokowi-Ma'ruf pada Rabu besok.

 

7 dari 7 halaman

Fadjroel Rahman Jadi Jubir Presiden

Fadjroel Rahman mengumumkan telah resmi ditugaskan Jokowi menjadi Juru Bicara Presiden. "Akhirnya, 21 Oktober 2019 saya tahu juga penugasan khusus yang disampaikan Presiden kemarin, berdasarkan surat keputusan Presiden, penugasan khusus bidang komunikasi dengan pembidangan sebagai Juru Bicara Presiden," kata Fadjroel di Kompleks Istana. 

Dia menyebut, surat keputusan penunjukannya sebagai jubir telah ditandatangani Presiden Jokowi pada 21 Oktober 2019.

Politikus PKB Agus Suparmanto merapat ke Istana Kepresidenan. Mengenakan kemeja putih pada Selasa (22/10/2019), Agus tersenyum melambaikan tangan kepada awak media.

Agus merupakan politikus ketiga dari PKB yang diundang ke istana menjelang pengumuman kabinet Jokowi-Ma'ruf pada Rabu besok.

Dokter Terawan Agus Putranto datang ke Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). Ia mengenakan kemeja warha putih lengan panjang dan celana berwarna gelap.

Tidak ada pernyataan pers yang disampaikan Terawan saat masuk kompleks Istana. Dia hanya melambaikan tangan ke arah awak media dan bergegas masuk ke Istana.

Sejumlah tokoh masih berdatangan ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019) sore. Salah satu tokoh yang datang adalah Teten Masduki.

Pantauan di lokasi, Teten tampak melambaikan tangan ke arah awak media dengan wajah yang terlihat sumringah.

Mantan Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mendatangi istana untuk bertemu Jokowi pada Selasa (22/10/2019) malam. Luhut tiba di halaman Istana Negara Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB.

Dia datang mengenakan kemeja berwarna putih. Ketika melewati awak media, Luhut melemparkan senyum dan melambaikan tangan. Luhut langsung menuju ruang tunggu khusus yang ada di dekat pintu masuk Istana Negara.

Pelantikan menteri Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi hari. "Pelantikan jam 10.00 WIB," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono.

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dahulu mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya lima tahun ke depan. "Besok perkenalan jam 8," ucapnya. 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Sambut Cucu Ketiga, Ini Arti Nama La Lembah Manah
Artikel Selanjutnya
Laporkan Dewi Tanjung soal Novel Baswedan, KontraS: Kami Bawa Bukti Presiden