Sukses

AHY Jajal Terbangkan Pesawat di Habibie Festival

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi tamu dalam acara Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Usai memberikan sambutan, AHY mengelilingi stan-stan yang ada dalam acara tersebut.

Putra pertama Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pun menjajal duduk di kokpit pesawat. AHY diberikan kesempatan menjajal jadi pilot. Saat simulasi, AHY didampingi oleh petugas.

Sang petugas terlihat memberi tahu AHY berbagai macam fungsi teknologi di kokpit pesawat. Tak lama berselang, AHY pun coba menerbangkan pesawat tersebut.

"Take-off nya oke tadi, landingnya agak berat. Agak mencong sedikit, tapi landing, selamat, penumpang tadi merasakan getarannya," ujar AHY usai simulasi menerbangkan pesawat di acara Orbit International Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

AHY terlihat tenang meski disaksikan puluhan mata, termasuk Ilham Akbar Habibie, putra pertama Presiden ketiga RI almarhum BJ Habibie. Ilham menjadi salah satu penumpang AHY.

Tak hanya AHY, semua pengunjung juga bisa menjajal menerbangkan pesawat produksi dalam negeri itu.

"Menarik ketika masyarakat bisa secara langsung merasakan bagaimana sulitnya, tantangannya terbang menggunakan pesawat produksi dalam negeri. Dan tentunya juga semakin mengapresiasi profesi yang berbeda-beda, menerbangkannya saja susah bagaimana cara membuatnya. Begitu. Jadi terima kasih Pak Habibie," kata AHY.

2 dari 3 halaman

Mengenang Habibie

Habibie Festival 2019 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam acara ini, penyelenggara acara menghadirkan berbagai macam stan yang menampilkan teknologi.

Acara ini juga sekaligus menjadi momen untuk mengenang almarhum Presiden Ketiga RI BJ Habibie.

"Meskipun kita kehilangan Eyang (Habibie), semangat eyang masih tetap ada. Menggunakan teknologi untuk kebaikan rakyat dan bangsa," ujar Co Founders Orbit International Habibie Festival, Sachin Gopalan saat membuka acara, Sabtu (19/10/2019).

Sachin sempat bercerita saat awal-awal membuat acara Habibie Festival. Saat pertama kali, dia dan almarhum BJ Hbibie sempat khawatir tak ada yang hadir dalam acara tersebut. Namun, rupanya di luar dugaan.

"Pertama kita adakan acara ini di Museum Gajah. Saat itu ternyata sampai 54 ribu pengunjung. Dari situ Eyang mengatakan bahwa orang-orang memang haus dengan iptek," kata dia.

Melihat antusiasme dari masyarakat terutama para pelajar, Sachin pun bertekad untuk terus menggelar acara ini. Kini acara Orbit International Habibie Festival sudah memasuki tahun keempat.

"Tahun kedua saat itu mencapai 74 ribu pengunjung. Dan makin bertambah terus. Itu bukti acara ini sangat diminati masyarakat," kata Sachin.

Hal serupa disampaikan oleh Chairman Orbit International Habibie Festival, Ilham Akbar Habibie. Menurutnya, meski Habibie sudah wafat, wasiat dan warisan dari bapak teknologi tersebut harus tetap abadi.

"Kita harus melanjutkan hal-hal yang perlu diperbaiki, terinovasi. Tujuannya agar kita sebagai bangsa mau maju, sejahtera dan berkembang dengan baik secara merata," kata anak sulung Habibie itu.

  

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Ayah Nasional, AHY: SBY Bukan Sekedar Ayah tapi Juga Mentor
Artikel Selanjutnya
Manisnya Potret SBY Kecup Kening AHY di Hari Ayah Nasional