Sukses

Acara Kitorang Bersodara, Jaga Solidaritas Masyarakat Papua dengan yang Lain

Fokus, Jakarta - Kegiatan yang bertajuk Kitorang Bersodara Minggu, 13 Oktober 2019 pagi digelar di arena car free day di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (14/10/2019), acara digelar sebagai bentuk silaturahmi dengan warga Papua dan warga yang pernah berhubungan dengan Papua.

Acara yang digagas alumni ITS, UGM, dan Universitas Cendrawasih ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan pejabat daerah Papua serta Papua Barat.

Kegiatan silaturahmi dimulai dengan senam pagi maumere, jalan sehat, dan dilanjutkan dengan aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk masyarakat di Wamena yang terdampak insiden kerusuhan beberapa waktu lalu.

Dalam penggalangan dana terkumpul dana sebesar Rp 1,5 miliar yang nantinya akan dijadikan dana sosial bagi warga Wamena.

"Ini sesuatu yang baik bahwa didahului dengan kegiatan yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni Keluarga Kagama, kemudian ITS, dan juga Uncen pada pagi hari ini saya kira baik membangun kebersamaan dari Pulau Jawa ada ITS dan dari Papua ada Universitas Cenderawasih," kata Wagub Papua Barat Mohamad Lakatoni.

Selain hiburan dan olahraga, silaturahmi Kitorang Bersodara juga dimeriahkan parade marching band dan dialog bersama untuk menyuarakan persatuan Indonesia dan khususnya untuk Papua.