Sukses

Jadi Ketua DPR, Puan Maharani Sebut Dirinya Pecahkan Telur

Puan berharap, penunjukan dirinya sebagai Ketua DPR bisa menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani dipastikan akan dikukuhkan menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024. Nama Puan muncul setelah partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menjadi pemenang Pemilu 2019.

Puan menyebut dirinya pemecah rekor sebagai politikus perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI.

“Yang pasti nantinya ini akan pecah telur, baru ada perempuan pertama setelah 74 tahun Ketua DPR,” kata Puan usai pelantikan anggota DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Mantan Menko PMK itu berharap, dirinya dapat menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia untuk terjun ke dunia politik.

“Saya berharap bisa membuat inspirasi inspiratif bagi perempuan-perempuan Indonesia, bahwa ternyata politik itu bukan suatu hal yang tabu, politik itu dinamikanya berkembang, dinamikanya sangat dinamis namun ternyata bisa juga menghasilkan perempuan-perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indoensia,” kata Puan.

Namun, Puan belum bersedia berkomentar lebih jauh terkait visi-misi dirinya dan upaya mengubah citra buruk DPR. Pelantikan dirinya sebagai pimpinan DPR baru akan dilakukan malam ini melalui rapat paripurna.

“Jadi terkait hal-hal yang akan dilakukan pimpinan baru ke depan, tentu saja nanti setelah pelantikan baru bisa kami sampaikan,” ucap Puan mengakhiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama-Nama Calon Pimpinan DPR

Rapat Konsultasi di DPR telah menyepakati sejumlah nama pimpinan DPR Periode 2019-2024. Hasilnya posisi Ketua DPR akan diisi oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

"Puan Maharani ketuanya," kata Pimpinan sementara DPR, Abdul Wahab Dalimunthe di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dia juga menyebutkan nama Wakil Ketua DPR yang akan mendampingi Puan Maharani. Diantaranya, Wakil Ketua DPR dari Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR dari Nasdem Rahmat Gobel, dan Wakil Ketua dari Golkar Aziz Syamsuddin. Sedangkan PKB belum menyerahkan nama pimpinan DPR.

"PKB belum. Jadi nanti satu jam lagi baru (menyerahkan nama)," ungkapnya.

Setelah disepakati, para pimpinan yang terpilih itu akan segera dilantik pada pukul 19.00 WIB. Pelantikan akan dilakukan oleh Mahkamah Agung (MA).

"Mahkamah Agunglah," ucapnya.

Selain berbicara pemilihan pimpinan, rapat konsultasi juga menetapkan sembilan fraksi di DPR.

"Untuk menetapkan fraksi-fraksi di DPR RI dengan kata lain dapatlah barangkali kalian sudah tahu itu ada sembilan fraksi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.