Sukses

Baru Dilantik, Ahmad Syaikhu Siap Mundur dari DPR Demi Kursi Wagub DKI

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Syaikhu telah dilantik menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Meski begitu, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu siap menanggalkan jabatannya di DPR jika dipercaya mengisi kursi Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang telah setahun kosong.

Nama Syaikhu dan Agung Yulianto telah lama disepakati partai pengusung, yakni PKS dan Gerindra untuk menggantikan jabatan yang ditinggalkan Sandiaga Uno. Pihaknya telah berkomunikasi dengan sejumlah partai terkait kursi Wagub DKI yang telah lama kosong itu.

Menurut Syaikhu, saat ini bola tentang siapa yang akan mendampingi Anies Baswedan ada di tangan DPRD DKI periode 2019-2024.

“Sebetulnya semangatnya tinggal dari DPRD (DKI) saja. Calonnya sudah diajukan sama Partai Gerindra dan PKS, dua nama yang dimasukan Pak Agung (Yulianto) dan saya. Sampai sekarang belum dicabut, kalau DPRD serius tinggal dipilih satu dari dua, itu selesai," ujar Syaikhu dalam keterangan tertulis, Selasa (1/10/2019).

Syaikhu menyatakan, dirinya bersedia mundur dari keanggotaan DPR bila dipilih oleh DPRD DKI sebagai Wagub DKI Jakarta.

Berbekal pengalaman sebagai Wakil Wali Kota Bekasi, Syaikhu optimistis dapat menjalankan tugas sebagai orang nomor dua di DKI Jakarta. Meski begitu, Syaikhu menyebut perlu adanya kerjasama dari semua pihak untuk Jakarta.

"Enggak mungkin semuanya diselesaikan kepala daerah, itu terlalu berat apalagi DKI yang sedemikian kompleksitas tinggi gitu ya. Tentu perlu ada support dari wakil kepala daerah," ujarnya.

"Tentu yang pengalaman di Kota Bekasi, saya juga di-support Pak Wali untuk maju di DKI, saya rasa ke depan akan lebih sinergis bukan hanya dengan DKI tapi dengan daerah sekitarnya," kata Syaikhu mengakhiri.

2 dari 3 halaman

Pelajari Buku Ahok

Calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta Ahmad Syaikhu mengaku akan mempelajari buku karya mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berjudul 'Kebijakan Ahok'.

Awalnya, Ahmad Syaikhu bersilahturahmi ke rumah dinas Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

"Ini ditambah lagi bahan oleh Pak Pras untuk dipelajari juga. Ini bagian dari upaya kita mematangkan program-program yang kiranya bisa mensupport Pak Gubernur," kata Syaikhu di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2019).

Mantan Wali Kota Bekasi itu juga menyatakan saat pertemuan itu membahas mengenai beberapa permasalahan di Ibu kota.

Tak hanya itu, Syaikhu pun mengaku siap mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kesiapan itu, dia sampaikan melalui pantun yang dibuatnya.

"Ke Tanah Abang naik bendi, bendi berlari bersama sedan. Saya siap menggantikan Abang Sandi, untuk mendampingi Bang Anies Baswedan," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Beberkan Kriteria Calon Wagub DKI yang Diinginkan
Artikel Selanjutnya
PKS Akui Sempat Ajukan 2 Nama Baru Wagub DKI