Sukses

Kebakaran di Gunung Semeru Meluas, Pendaki Diminta Turun

Liputan6.com, Lumajang - Kebakaran yang terjadi di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur semakin meluas. Hingga kini, setidaknya terdapat tiga titik api di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Salah satu titik api berada di kawasan pos empat Ranu Kumbolo.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (23/9/2019), banyaknya tanaman yang mengering akibat musim kemarau membuat api dengan cepat menyebar.

Selain berupaya memadamkan api, petugas juga memastikan semua pendaki yang masih berada di Gunung Semeru segera turun untuk mencegah jatuhnya korban.

"Dandim sudah berusaha tadi malam secara maksimal untuk memadamkan api supaya tidak menjalar sampai jauh. Dan sampai hari ini tim masih memantau perkembangan dan ada juga tim yang naik ke puncak lagi untuk memastikan apakah api sudah benar-benar padam," ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Sementara itu, ratusan personel gabungan terus berjibaku memadamkan api di Lereng Gunung Slamet, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin siang. Puluhan titik api masih ditemukan tersebar di wilayah Dukuh Sawangan maupun Desa Guci.

Hembusan angin yang kencang membuat api cepat meluas. Petugas pun kesulitan memadamkan api karena asap tebal, medan gunung yang curam, dan peralatan yang terbatas.

Sebagian petugas hanya menggunakan masker karena terbatasnya tabung oksigen.

Sudah satu pekan terjadi kebakaran telah menghanguskan sekitar 40 hektare hutan milik perhutani KPH Pekalongan Barat. (Rio Audhitama Sihombing)