Sukses

Pembentukan AKD DPRD DKI Ditargetkan Rampung Akhir September

Walaupun sampai saat ini kedua partai belum menyerahkan, pihaknya optimis pembahasan AKD selesai tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD DKI Jakarta ditargetkan rampung akhir bulan ini. Kendati sampai saat ini dua partai, yaitu PDIP dan Partai Demokrat belum menyerahkan nama pimpinan definitif, hal itu dinilai tak akan membuat pembentukan AKD molor dari target.

"Saya yakin bulan ini pasti selesai," kata Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Pantas Nainggolan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

Dia mengatakan, pihaknya telah menyurati PDIP dan Demokrat agar segera memasukkan nama pimpinan definitif. Walaupun sampai saat ini kedua partai belum menyerahkan, pihaknya optimis pembahasan AKD selesai tepat waktu.

"Kita sudah menyurati partai-partai untuk segera memasukkan nama yang akan diajukan oleh masing-masing partai dan saya punya keyakinan pada waktunya semuanya pasti akan selesai," jelas Pantas.

Sampai saat ini kedua partai belum memberikan jawaban. Namun menurut Pantas, belum terlambat karena masih ada waktu sebelum 26 September.

"Tidak ada batas waktu tetapi kita berharap pekerjaan-pekerjaan DPRD ke depan tidak tertunda," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pimpinan DPRD DKI

Unsur AKD salah satunya adalah pimpinan dewan di mana komposisinya telah ditetapkan undang-undang. Lima partai dengan perolehan kursi terbanyak akan mendapatkan jatah kursi pimpinan yaitu PDIP, Gerindra, PKS, Demokrat, dan PAN.

Pembahasan AKD lainnya akan dilaksanakan bersamaan dengan adanya pimpinan definitif yang telah ditetapkan. Pembahasan RAPBD 2020 juga akan dilakukan setelah penetapan AKD termasuk pimpinan DPRD yang ditargetkan mulai dibahas pada Oktober mendatang.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.