Sukses

Komunitas Ini Tawarkan Bambu Jadi Solusi Polusi Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Gerakan Serumpun Bambu mengajukan program penanaman bambu di Jakarta. Bambu dinilai memiliki banyak kelebihan untuk konservasi lingkungan sekaligus mengurangi polusi Jakarta.

"Tidak usah jauh-jauh mencari solusi keluar negeri, kita sudah punya resep dan sumber daya yang ampuh. Bambu sudah terbukti bagus, bahkan ilmu bambu kita malah diincar negara-negara lain," kata Ketua Gerakan Serumpun Bambu, Widya Mukti melalui keterangan tertulis, Senin (16/9/2019).

Dia menjelaskan, bambu mudah ditanam dan dikembangkan. Selain mempunyai nilai estetika tinggi, bambu ampuh untuk program konservasi lingkungan. Sumber daya bambu juga melimpah di Indonesia.

Sebagai simbol dari pengajuan program bambu ini, Gerakan Serumpun Bambu memberikan bibit-bibit bambu ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aksi ini bertepatan dengan momentum Hari Perlindungan Ozon Internasional.

Aksi simbolik ini diharapkan dapat menjadi dukungan moral untuk pemerintah agar lebih intensif menjalankan program perbaikan lingkungan.

Tak hanya di Jakarta, aksi serupa juga digelar di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan. Sebab masalah lingkungan tak hanya dihadapi Jakarta, tapi seluruh daerah di Indonesia.

Widya mengatakan, kampanye serumpun bambu tidak berhenti di sini, tapi akan berlanjut dengan aksi-aksi berikutnya.

"Misal bukan bambu yang ditanam, tidak masalah, yang penting kita galakkan menanam pohon." kata Widya.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pegadungan, Wilayah dengan Kualitas Udara Terburuk di Jakarta Pagi Ini