Sukses

Temui Legislator Baru di Jatim, Sekjen PDIP Sampaikan Arahan Megawati

Secara khusus Hasto lalu mengucapkan terima kasih atas kerja keras kader PDIP di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP memberikan pengarahan pada legislator terpilih dalam acara pendidikan kader partai bagi anggota legislatif Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Dalam pengarahan tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menyampaikan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pesan tersebut adakah setiap kader, khususnya mereka yang telah menjadi legislator, untuk tak berpuas diri setelah menang di pemilu 2014 dan 2019, terlebih sombong.

Menurut dia, semuanya justru harus terpicu mencetak sejarah baru dengan menjadi pemenang pemilu tiga kali berturut-turut setelah 1998.

"Karenanya, pengurus DPP dan DPD partai bersama anggota dewan harus melangkah dengan cepat," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (5/9/2019).

Secara khusus Hasto lalu mengucapkan terima kasih atas kerja keras kader PDIP di Jawa Timur (Jatim). Sebab untuk pertama kalinya dalam sejarah pemilu, PDIP menjadi pemenang di Jatim. Dan atas hasil itu, jatah Ketua DPRD di propinsi itu akan dipegang kader PDIP.

"Jika ketua posisi Ketua DPRD benar-benar di tangan PDI Perjuangan, ini adalah tanggung jawab kita untuk terus menjaga kepercayaan rakyat. Dan dengan itu, pintu untuk memenangkan pemilu 3 kali berturut-turut terbuka buat kita," ujar Hasto.

Selain itu, kata dia, kader PDIP, diharapkan memperlihatkan kesadaran ideologi yang tinggi, memiliki kesadaran politik, kesadaran berpartai yang tinggi, memiliki kesadaran untuk menerapkan ilmu pengetahuan teknologi terapan dan menjadi kader pelopor yang hidup di tengah masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan

Menurut dia, menjadi anggota legislatif termasuk legislator Jawa Timur adalah tugas yang mengemban sebuah tanggung jawab.

"PDI Perjuangan mempersiapkan seluruh anggota legislatif dengan baik melalui tahapan kontes ketika mereka mau dicalonkan. Dan kemudian penugasan di lapangan. Pada hari ini setelah mereka dilantik, kami berikan pembekalan tentang aspek-aspek ideologis, tata kelola partai dan juga fungsi legislasi, fungsi anggaran, pengawasan," ungkap Hasto.

"Dan yang tidak kalah penting adalah fungsi representasi diberikan penekanan khusus agar seluruh kader partai siap untuk betul-betul hadir sebagai partai pelopor yang ditandai dengan disiplin dalam ideologi, organisasi, teori, pergerakan untuk rakyat dan dalam perilaku," tambah dia.

Karena itulah melalui pendidikan partai ini diharapkan semua anggota legislatif PDIP siap. Apalagi pada Kongres V PDIP telah menyatakan diri sebagai partai pelopor.

Hasto dalam kesempatan itu juga memberikan medali sebagai penghargaan kepada kader yang meraih suara terbesar saat pemilu legislatif di Jawa Timur.

"Diharapkan seluruh anggota legislatif yang telah terpilih dapat menggunakan momentum pelatihan ini menggembleng dan membangun semangat gotong royong," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.