Sukses

KPU Sahkan Kursi DPRD DKI Jakarta, PDIP Terbanyak

Tercatat, 10 partai mendapatkan kursi DPRD DKI Jakarta. KPU membacakan rekapitulasi dari 10 Dapil di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta melakukan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD DKI Jakarta di Hotel Merlynn, Petojo, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019). KPU DKI Jakarta telah menetapkan pembagian 106 kursi.

Rekapitulasi dibacakan secara terbuka. Dihadiri oleh perwakilan dan saksi dari 16 partai politik. Tercatat, 10 partai mendapatkan kursi DPRD DKI Jakarta. KPU membacakan rekapitulasi dari 10 Dapil di Jakarta.

PDIP mendapatkan kursi terbanyak sebanyak 25 kursi. Diikuti Gerindra dengan 19 kursi. Di posisi ketiga ditempati PKS dengan 16 kursi.

Berikutnya Demokrat mendapatkan 10 kursi. PAN mendapatkan sembilan kursi. PSI sebagai partai baru berhasil mendapatkan delapan kursi di Jakarta.

Kemudian diikuti oleh Nasdem dengan tujuh kursi. Golkar mendapatkan enam kursi. PKB 5 kursi. Dan paling bontot PPP dengan satu kursi DPRD DKI Jakarta.

"Dengan ini disahkan per tanggal 12 Agustus," ujar Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Tunggu Mendagri

Surat rekapitulasi akan ditandatangani oleh semua perwakilan. Betty kemudian mengetuk palu dan menskors sidang.

Dia menjelaskan, untuk pelantikan anggota DPRD terpilih menunggu Kementerian Dalam Negeri. Prosesnya, setelah disahkan akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lalu diteruskan ke Kemendagri.

"Pasca ini kami akan bersurat kepada Gubernur DKI untuk meneruskan kepada Kemendagri untuk melakukan pelantikan," jelas Betty.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.