Sukses

JK: Mobil Listrik Perlu untuk Atasi Polusi Udara

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan polusi saat ini. Salah satunya adalah masyarakat lebih banyak menggunakan mobil. Sebab itu, JK menganjurkan pengembangan kendaraan listrik.

"Jakarta dianggap kota yang paling tidak bersih udaranya, itu sebagian besar karena mobil. Karena itulah maka perlu mengembangkan mobil listrik," kata JK di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Rabu (31/6/2019).

Dia menjelaskan, pengembangan kendaraan listrik juga dapat memberikan edukasi bahwa tidak kalah berkualitas dengan mobil berbahan bakar fosil. N antinya akan terjadi transformasi energi.

"Tentu antara lingkungan dan bisnis itu sangat bisa terjadi transformasi energi itu menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dicermati dan dilakukan secara bersama-sama," lanjur JK.

JK juga menjelaskan potensi Indonesia dalam energi terbarukan sangat besar. Energi panas bumi hingga gelombang air bisa dimaksimalkan

"Potensi kita cukup kuat, geothermal cukup, sehingga bisa mencapai 40 ribu megaWatt. Hidro kira-kira bisa 60 ribu megawatt potensinya," jelas JK.

Sebelumnya JK mengatakan Peraturan Presiden (Perpres) terkait mobil listrik bakal terbit dalam waktu dekat. Jusuf Kalla mengatakan, pembahasan secara teknis perpres telah rampung.

"Sebenarnya pasti keluar dalam waktu singkat ini. Sekali lagi, secara teknisnya sudah oke," kata JK.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: