Sukses

Kronologi Abah Grandong Makan Kucing Hidup-Hidup

Video berdurasi 34 detik yang berisi pria memakan kucing hidup-hidup menuliskan keterangan dalam unggahannya, bahwa video itu diambil di wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Tangan dan mulut pria itu berlumuran darah karena makan kucing hidup-hidup. Pria itu teridentifikasi sebagai Abah Grandong.

Sosok Abah Grandong ini melejit saat videonya saat makan kucing hidup-hidup viral. Video itu pertama kali diketahui dari unggahan akun Instagram @jadetabek.info pada Senin, 29 Juli 2019.

Video berdurasi 34 detik itu diambil di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kemudian terdengar suara si pria berbicara, meski tidak terlihat dengan siapa ia berbicara.

"Masa suruh kita marah terus sama saudara. Coba mengerti sih dulu. Tolong matiin lampunya," ucap si pria.

"Siapa yang nasibnya pengen kayak gini? Siapa hayo? Saya masih sadar ini, kalau enggak sadar habis ini sama saya," sambung dia lagi.

Berikut kronologi pria memakan kucing hidup-hidup dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria Diduga Dikenal dengan Nama Abah Grandong

Viralnya sebuah video pria makan kucing hidup-hidup diketahui sejak Senin, 29 Juli 2019 lalu. Video itu diunggah oleh akun Instagram @jadetabek.info.

Kejadian tersebut diduga terjadi di dekat warung jamu di Jalan H Jiung, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 27 Juli 2019 malam.

Penelusuran Liputan6.com, warga kawasan Kemayoran bernama Muhyidin membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Iya bener sore itu minggu lalu apa ya, mau magrib gitu saya sudah pulang jam 5, saya diceritain besoknya sama temen di situ," kata dia di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Juli 2019.

Muhyidin mengaku cukup mengenal lokasi kejadian, namun dia menegaskan tidak mengetahui siapa sosok pria makan kucing tersebut.

"Tidak tahu saya," sambil melihat rekaman video tersebut.

Muhyidin mengatakan, lokasi pria makan kucing itu sudah tak seleluasa sebelumnya untuk keluar masuk. Toko atau pun warung makan di tempat tersebut mayoritas sudah pindah dan tak lagi berjualan di sana.

"Sekarang ditutup gini ada pintu digembok, ada yang jaga," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Lokasi Kejadian

Liputan6.com menelusuri jejak Abah Grandong memakan kucing hidup-hidup. Lokasi kejadian berada di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran. Hal itu terlihat dari spanduk bengkel variasi mobil yang sama dengan di video.

Sayangnya, akses menuju tempat tersebut digembok dengan pagar hitam yang cukup tinggi. Menengok ke sekeliling tempat kejadian, beberapa rumah makan seperti resto Padang dan warung bakmie tampak tutup.

Padahal lokasi tersebut cukup terkenal dengan warung sop duren. Namun saat ini tak terlihat lagi.

Seorang warga bernama Saripah mengatakan, lokasi tersebut dulu terkenal sebagai pujasera atau pusat jajanan. Namun kini tak sedikit warung makanan yang gulung tikar.

"Tapi saya enggak tahu kenapa (gulung tikar), dulu enggak dibeton begini," katanya kepada Liputan6.com.

Namun, Saripah tidak ingat persis kapan tembok beton mulai dibangun di kawasan itu. Juga pemasangan pagar besi.

"Enggak ingat ibu, udah lama pokoknya, lupa kapan persisnya," ucapnya.

Terkait insiden viral pria makan kucing hidup-hidup, Saripah mengaku tidak mengetahuinya. Saat ditunjukkan rekaman video, dia membenarkan lokasi kejadiannya.

"Bener ini tempatnya (sambil menunjukkan beberapa titik yang tertangkap di video) tapi saya enggak tahu bapak ini siapa, bisa sampai begitu (makan kucing)," kata Saripah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.