Sukses

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

Liputan6.com, Jakarta Erupsi terjadi di Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lontaran abu mencapai kurang lebih 200 meter persegi.

Erupsi terjadi pada pukul 15.48 WIB, Jumat (26/7/2019). Erupsi terjadi di Kawah Ratu, Gunung Tangkuban Parahu.

"Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak (kurang lebih 2.284 meter di atas permukaan laut)," ujar Kepala Pusat Vulkanlogi dan Mitigasi Bencana, Kasbani, melalu keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (16/7/2019).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 30 detik," kata Kasbani.

Menurut Kasbani, Tangkuban Parahu saat ini berada pada status level I di mana pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas.

"Dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu," ujar Kasbani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.