Sukses

Survei ASI Sebut Dian Sastro Cocok Jadi Menpar

Liputan6.com, Jakarta - Hasil riset Arus Survei Indonesia (ASI) menyebut nama Aktris Dian Sastrowardoyo sebagai calon berpotensi menjadi menteri dari kalangan milenial. Menurut Direktur Eksekutif ASI, Ali Rifaan, sosok Dian cocok untuk mengisi jabatan menteri pariwisata.

"Kalau ditanya untuk kementerian apa, menurut saya bisa saja untuk Kemenpar ya karena di sana perlu disentuh milenial, memang tidak harus perempuan memang," kata Ali saat jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Ali menjelaskan, nama Dian Sastro bukan secara tiba-tiba muncul. Menurut riset dilakukan lembaganya, pemeran Cinta dalam Film AADC itu sudah masuk dalam radarnya sejak Februari 2019.

"Pemetaan dilakukan ASI, berasal dari masukan pakar dan public opinion maker. Lewat situlah, tersaring nama Dian Sastro sebagai sosok potensial," jelas Ali.

ASI, menurut Ali, sejak awal mendorong isu milenial dilibatkan ke pemerintahan. Ali mengaku, hal itu kerap dikemukakan lembaganya sejak masih dalam debat pilpres 2019.

"Karena menurut kami milenial itu perlu, dan itu disambut baik Pak Jokowi yang ingin menarik mereka ke kabinet," terang Ali.

Selain nama Dian Sastro, ASI juga memunculkan sembilan nama lain diantaranya anak Presiden Jokowi Gibran Raka dan CEO Gojek Nadiem Makarim. Mereka dinilai sebagai milenial paling potensial dari kalangan profesional untuk mengisi jajaran menteri di periode kedua Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Figur Milenial Profesional

Barometer dari 10 sosok figur milenial profesional ini didapat dari lima alasan. Pertama, dari integritas dan rekam jejak, kedua kompetensi dan kapabilitas, ketiga invoasi dan kreativitas, keempat komunikasi publik dan pengaruh sosial, dan terakhir ialah aspek manajerial dan kepmimpinan.

Berikut daftar nilainya:

Emil Dardak, Wagub Jatim (79,66)

Naddiem Makariem, Gojek (78,88)

Achmad Zaky, Bukalapak (73,76)

Witjaksono, NU (71,78)

Inayah Wahid, Putri Alm. Gusdur (70,58)

Dian Satro, Aktris (70,36)

Ferry Unardi, Traveloka (68,62)

Gibran Raka. Putra Sulung Jokowi (65,34)

William Tanuwijaya, Tokopedia (64,12)

Sunanto, Muhammadiyah (59,80)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Anak Autis seperti yang Dialami Putra Dian Sastro
Artikel Selanjutnya
Anak Pertama Autis, Ini Alasan Dian Sastro Terbuka ke Publik