Sukses

Wiranto soal Penghargaan Pimpinan OPM Benny Wenda: Enggak Usah Dipusingkan

Pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM), Benny Wenda, diberi penghargaan Freedom of the City oleh Dewan Kota Oxford, Inggris, Rabu, 17 Juli 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM), Benny Wenda, diberi penghargaan Freedom of the City oleh Dewan Kota Oxford, Inggris, Rabu, 17 Juli 2019.

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, ini merupakan hal biasa yang dilakukan tiap tahun, guna mencari perhatian dunia internasional. Oleh karena itu, dia tak mau diambil pusing soal penghargaan untuk pimpinan OPM ini.

"Dari tahun ke tahun seperti itu. Mencari perhatian untuk mendapatkan perhatian dari dunia internasional. Udah, enggak usah dipusingkanlah," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia menegaskan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, meyakini, dunia internasional masih mendukung Papua milik Indonesia.

"Sejauh ini dari Bu Menlu juga sudah menyampaikan, bahwa sementara ini memang posisi Indonesia, tetap mendapat dukungan ya tentang Papua," ungkap Wiranto.

Menurut dia, jika ada pihak-pihak yang mencoba merekayasa, agar Papua mau dilepas dari Indonesia, itu hal yang sudah biasa. Termasuk dari OPM.

"Kalau satu dua kemudian mereka merekayasa, itu ya biasa," ujar Wiranto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberitaan Media Asing

Sebelumnya, BBC melaporkan, anggota Dewan Kota Oxford menghormati pemimpin kemerdekaan Papua Barat, Benny Wenda, yang diberikan suaka di Inggris pada 2002.

Dia kemudian membuka markas Free West Papua Campaign di Oxford pada 2013.

Kantor Kemlu Inggris mengatakan, keputusan itu "tidak berpengaruh pada kebijakan pemerintah Inggris" dan tidak mendukung kemerdekaan Papua.

Di samping itu, Lord Mayor of Oxford, Craig Simmons mengatakan, penghargaan tersebut "layak" diberikan dan Benny Wenda "berkontribusi begitu banyak, baik secara lokal maupun di panggung internasional."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • Benny Wenda