Sukses

Wapres JK Sebut Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin Cukup Aman

JK menjelaskan, walaupun masuk koalisi pemerintah, kadang beberapa dari partai melakukan kritik.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai koalisi pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin sudah cukup aman. Sebab menurut JK, sudah menguasai di atas 60 persen suara di DPR.

Dia mencontohkan saat 2014, yang hanya memiliki koalisi 41 persen, untuk mencapai 50 persen beberapa partai pun merapat, seperti PAN, PPP dan Partai Golkar. Sehingga mencapai koalisi yang aman.

"Sekarang koalisi yang mendukung Pak Jokowi sudah 60 persen. Artinya bahwa sudah cukup aman, pemerintah ini di DPR sebenarnya," kata JK di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (2/7/2019).

JK menjelaskan, walaupun masuk koalisi pemerintah, kadang beberapa dari partai melakukan kritik. Sebab itu, menurut JK, bukan berarti berkoalisi tetapi tidak bisa mengkritik.

"Karena dibutuhkan, pemerintah juga butuh kritik. Di samping oposisi juga, partai pemerintah juga kadang mengkritik juga pemerintah di DPR," ungkap JK.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koalisi dengan Gerindra

Kemudian, JK pun menyerahkan sepenuhnya terkait Partai Gerindra yang akan bergabung dengan pemerintahan. Dia menilai hal tersebut adalah keputusan Jokowi dan Ma'ruf Amin yang akan menjabat selama 5 tahun.

"Saya tidak tahu itu kebijakan Pak Jokowi sendiri. itu urusannya pak jokowi dan pak maruf amin nanti," ungkap JK.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.