Sukses

Tiga Cara Operator Tol Cipali Tekan Angka Kecelakaan

Sebanyak 6,000 pohon ditanam dilahan sekitar 20 hektar di area Interchange dan median.

Liputan6.com, Jakarta Operator Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) terus berupaya menurunkan tingkat kecelakaan di Jalan Tol Cipali. Beberapa langkah tersebut di antara melalui konsep 3E, yakni enginering, enforcement dan education.

Vice President Director PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Aziz menyatakan, enginering dilakukan dengan  pemasangan wire ropes sepanjang 16 kilometer, pemasangan 10 km guardrail, pemasangan rumble dot pada bagian dalam maupun luar jalan sepanjang 32 km dan juga pemasangan WIM (Wight in Motion) di 2 lokasi.

Sedangkan untuk enforcement, bersama kepolisian dan Dishub,  Aziz menyatakan pihaknya rutin Operasi Speed Gun setiap dua bulan sekali.

"Untuk edukasi, kita terus kampanye keselamatan berkendara di semua event yang kita adakan," tukasnya melalui pesan tertulis, Selasa 6 Agustus 2019.

Firdaus Aziz menambahkan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan melalui program 3E dan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Kementrian Perhubungan, BPJT dan stakeholder lainnya untuk pemasangan wire rope sepanjang 18 km, rumble dot dengan total sepanjang 56 km, 6 buah lampu strobo, guardrail sepanjang 3,1 km. 

Sementara untuk penghijauan, sebanyak 6,000 pohon ditanam dilahan sekitar 20 hektar di area Interchange dan median tol Cipali.

"Jalan tol Cipali yang merupakan bagian dari tol transjawa diharapkan membawa peranan penting dalam proses distribusi barang dan jasa yang berdampak pada sektor perekonomian di Indonesia, khususnya Pulau Jawa” pungkas Firdaus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Paliman.
    Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Paliman.

    Tol Cipali