Sukses

Kanker Menyebar ke Tulang, Sutopo Berobat ke Guangzhou China

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho terbang ke Guangzhou, China untuk mengobati penyakit kanker paru stadium 4 yang dideritanya. Hal itu disampaikan Sutopo dalam akun Instagramnya @sutopopurwo lewat unggahan terbarunya.

"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," tulis Sutopo di Instagramnya, Sabtu (15/6/2019).

Sutopo pun meminta doa kepada semuanya agar dapat menjalani perawatan dengan baik selama di China. Tidak ketinggalan, permohonan maaf juga disampaikan.

"Saya mohon doa restu kepada semua netizen dan lainnya. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa," jelas dia.

 

 

Sutopo mengaku akan menjalani penanganan medis selama sebulan di Negeri Tirai Bambu itu.

"Saya di Guangzhou selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," Sutopo menandaskan.

2 dari 3 halaman

Idap Kanker

Sutopo Purwo Nugroho, didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Walau sakit, tak membuat pria yang menjabat sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghentikan aktivitas hariannya.

Sutopo masih tetap semangat untuk bekerja, mengajar, dan melakukan aktivitas lainnya. Dia juga kerap memberikan informasi mengenai perkembangan penanganan bencana alam di Tanah Air walaupun tengah menjawalani perawatan di rumah sakit.

Aktivitas Sutopo di tengah perjuangan melawan kanker paru salah satunya bisa dilihat dari kicauan di akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN. 

Pengagum penyanyi Raisa ini setiap hari harus mengkonsumsi beragam obat-obatan untuk meredam amukan kanker yang menggerogoti tubuhnya. Obat itu mulai yang murah hingga mahal.

Dia sempat "berbagi" daftar obat yang harus dikonsumsi. Melalui akun Twitternya, Sutopo mengunggah deretan obat-obatan yang yang menjadi temannya sehari-hari. 

Dari foto yang diunggah, setidaknya ada setidaknya 15 macam obat yang harus dia konsumsi setiap harinya.

"Jagalah kesehatan. Sehat itu mahal. Hiduplah dengan gaya hidup sehat," ujarnya.

Selain itu, dia mengimbau warganet memperbanyak makan sayur, buah, olahraga dan berpikir positif.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wakili Penyintas Kanker, Sutopo BNPB: Ibu Ani Sudah Tidak Sakit Lagi
Artikel Selanjutnya
Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Raih Penghargaan Liputan6 Awards 2019