Sukses

Alasan PT Mayasari Denda Sopir Oky Korban Pembajakan

Daryono mengatakan, pihaknya memberi keringanan bagi Oky untuk membayar denda tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Oky sopir Bus Mayasari Bakti Transjabodetabek yang menjadi korban pembajakan sekelompok remaja diminta membayar denda sebesar Rp 1.2 juta sebagai bentuk tanggungjawab ke perusahaan.

Manager Operasional PT Mayasari Bakti, Daryono menjelaskan, alasan menjatuhkan denda kepada Oky. Menurut dia, itu bagian dari SOP perusahaan yang harus ditaati setiap sopir.

Dalam aturannya tertera, pengemudi harus bertanggung jawab atas keselamatan penumpang, keselamatan berlalu lintas dan juga bertanggung jawab kondisi kendaraan.

"Jika kondisi bus rusak, pengemudi harus bertanggung jawab atas kelalaiannya. Itukan sebagai sanksi pembinaan," ujar dia.

Menurut dia, sanksi itu perlu diterapkan untuk mendidik para sopir sekaligus sebagai pembelajaran agar tidak sembarangan dalam mengemudikan kendaraan.

"Jika tidak ada sanksi, besok orang main asal asalan aja bawa busnya. Misalnya diserempetin trotoar atau gimana," ujar dia.

Daryono mengatakan, PT Mayasari memberi keringanan bagi Oky untuk membayar denda tersebut. Oky diperbolehkan mencicilnya sesuai kemampuannya.

"Paling satu hari Rp 10 ribu atau 50 ribu. Ini juga kan berdua sama kondektur gantinya," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.